Koleksi 84 Emas, Medan Pertahankan Gelar Juara Umum Porprov Sumut 

Medan lewati rekor medali 2019

Medan, IDN Times- Kontingen Kota Medan berhasil memertahankan gelar juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatra Utara XI/2022 yang berakhir Sabtu (5/11/2022). Medan menutup performa apiknya dengan koleksi 84 emas, 45 perak dan 41 perunggu. Total 170 medali diboyong.

Keberhasilan ini melanjutkan sukses pada Porprov Sumut edisi 2019 lalu. Saat itu Medan meraih total 67 emas, 34 perak dan 37 perunggu.

Sementara Deli Serdang berada di urutan kedua dengan koleksi 20 emas, 29 perak dan 43 perunggu. Sementara Binjai mengunci urutan ketiga dengan 18 emas, 25 perak dan 28 perunggu.

1. Edy minta setiap daerah mendukung persiapan PON 2024

Koleksi 84 Emas, Medan Pertahankan Gelar Juara Umum Porprov Sumut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat penutupan Porprov Sumut 2022, Sabtu (5/11/2022) (Dok.IDN Times/istimewa)

Trofi juara umum diserahkan langsung Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi kepada Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution yang turut hadir pada penutulan di Lapangan Astaka, Sabtu (5/11/2022). Edy saat menutup Porprov Sumut 2022 ini  (5/11/2022) berharap para atlet untuk memersiapkan diri lebih keras menghadapi PON 2024 Aceh-Sumatra Utara.

"Selamat untuk Medan meraih yang terbaik. Setiap pertandingan, setiap kompetisi, ada yang menang dan ada yang kalah. Itu merupakan evaluasi yang dilakukan provinsi terhadap kabupaten/kota," kata Edy.

Dia juga berharap kepedulian dari para pembina olahraga di kabupaten/kota terutama para kepala daerah untuk memberi penghargaan kepada atlet berprestasi di Porprov Sumut.

"Saya berharap ada getaran hati para pembina-pembina kabupaten/kota. Memberi penghormatan pada paling hebat untuk menyambut atlet persiapan PON 2024.

Baca Juga: Sempurna! Medan Raih Emas Sepak Bola Porprov Sumut 2022

2. Pemerintah Kota Medan akan apresiasi atlet dengan bonus

Koleksi 84 Emas, Medan Pertahankan Gelar Juara Umum Porprov Sumut Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengangkat trofi juara umum Porprov Sumut 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Medan tampil dominan di 10 dari 17 cabor yang dipertandingkan di Porprov Sumut. Medan menjadi juara umum di cabor angkat berat, biliar, binaraga, drum band, karate. Kemudian, Muay Thai, taekwondo, sepakbola, tarung derajat dan tinju.

Deli Serdang berhasil amankan gelar juara 2 cabor, bola voli putra dan pencak silat. Gelar juara cabor Wushu milik Karo. Tebingtinggi kampiun cabor bulutangkis, Serdang Bedagai amankan gelar Petanque dan Labuhanbatu perkasa cabor tenis meja.

Walikota Medan. Bobby Nasution mengatakan akan mengapresiasi para atlet yang berhasil mengharumkan nama Medan. Dia segera akan mencairkan bonus.

“Selamat kepada para atlet KONI Medan dan seluruh anak –anak muda Kota Medan hari ini kita dapat juara umum. Mudah – mudahan ini menjadi semangat kita para atlet untuk terus bisa menggapai prestasi di tingkat kota, Provinsi hingga nasional. Ada (bonus), pasti ada nanti. Saya minta minggu depan untuk diserahkan bonusnya,” ucap Bobby.

Selain itu Pemerintah Kota Medan juga siap untuk memfasilitasi para atlet dengan membangun infrastruktur. 

“Pak Gubernur sudah menyampaikan kita semua setiap daerah harus mempersiapkan diri untuk menjelang PON 2024. Tentunya bukan kesiapan dari para atlet, namun yang kita siapkan juga adalah bagaimana para atlet ini semakin banyak tempat mereka berlatih, begitu juga bermain dan bertanding. Mohon doanya, mulai tahun depan (2023) ada beberapa tempat olahraga yang ada di Kota Medan akan kita lakukan revitalisasi untuk bisa lebih membuat atlet kita merasa nyaman dalam berlatih atau bertanding,” kata Bobby.

3. Klasemen akhir Porprov Sumut 2022

Koleksi 84 Emas, Medan Pertahankan Gelar Juara Umum Porprov Sumut Klasemen akhir Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Baca Juga: Medan Pastikan Juara Umum Tarung Derajat Porprov Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya