416 Atlet Ramaikan IWAG 2023, Airlangga: Medan Penghasil Atlet Wushu

Ada tiga even dalam IWAG 2023

Medan, IDN Times- Kejuaraan Indonesia Wushu All Games (IWAG) 2023 yang digelar di Gedung Serba Guna Dispora Sumut, 10-15 Desember 2023 diharapkan menjadi wadah menguji atlet junior. Hal ini dalam upaya meregenerasi atlet wushu.

"Ini adalah tahun ketiga IWAG sebagai komitmen PB WI membina atlet junior. Sukses Wushu Indonesia dalam kejuaraan dunia jadi indikator sukses pembinaan," kata Ketua Umum PB Wushu Indonesia (WI) Airlangga Hartarto, Senin (11/12).

1. Diikuti 416 atlet dari 13 provinsi

416 Atlet Ramaikan IWAG 2023, Airlangga: Medan Penghasil Atlet WushuKetua Umum PB WI Airlangga Hartanto menyerahkan medali kepada pemenang di IWAG 2023 (Dok.Istimewa)

Adapun IWAG 2023 ini meliputi tiga event sekaligus, mulai dari Sirnas Taolu Junior (Final Stage), Kejurnas Sanda Junior dan Pra-Junior dan Sumut Open Taolu Championship. Ada 416 atlet, 50 sasana dan 13 provinsi yang ikut serta bertanding.

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia ini menegaskan, IWAG sangat vital dalam memunculkan atlet berbakat. Sehingga kemudian hari, Wushu Indonesia tidak kekurangan atlet-atlet terbaiknya.

"Karena dengan kompetisi prestasi bisa dijaga. Junior itu penting itu keberlanjutan atlet. Atlet berprestasi rata-rata dimulai dari junior dengan prestasi konsisten. Dengan cara ini, wushu bisa mempertahankan emas Asian Games, SEA Games dan event lainnya," terangnya.

2. Medan sumber terbesar atlet wushu Indonesia

416 Atlet Ramaikan IWAG 2023, Airlangga: Medan Penghasil Atlet WushuKetua Umum PB WI Airlangga Hartanto saat hadir di IWAG 2023 (IDN Times/Doni Hermawan)

Teruntuk tuan rumah IWAG 2023, Airlangga menyebut Sumut khususnya Medan sebagai sumber terbesar atlet wushu Indonesia. "Saya ucapkan terima kasih atas penyelenggaraan IWAG. Saya bangga seluruh atlet bersemangat dan mandiri," sambungnya.

Sementara Ketua WI Sumut, Darsen Song mengatakan, hasil menggembirakan didapat atlet Sumut pada level Kejurnas sana junior dan pra-junior. "Cukup menggembirakan, hampir semua kelas dilombakan atlet Sumut melaju ke final," katanya.

3. Para juara akan dipertandingkan di final stage

416 Atlet Ramaikan IWAG 2023, Airlangga: Medan Penghasil Atlet WushuKetua Umum PB WI Airlangga Hartanto saat hadir di IWAG 2023 (IDN Times/Doni Hermawan)

Persaingan ketat diakui ada di Sirnas. Para juara stage 1 dan 2 ditandingkan lagi di Medan (final stage).

"Ini stage 3. Tidak sembarang atlet bisa lolos final stage, harus rangking di stage 1 dan 2. Jadi cukuo berat. Tapi per hari ini, sudah ada 2 perunggu. Itu cukup bagus," tambah dia.

Dia berharap akan lebih banyak medali yang diraih. "Target tentunya bisa mempersembahkan yang terbaik," tutup Darsen.

Baca Juga: Atlet Sepatu Roda Sumut Berlatih di Luar Daerah Jelang PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya