TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Melatih Perempuan Bermain Futsal ala Caroline Kurnia

Komunikasi jadi salah satu yang terpenting

Suasana sebelum memulai futsal She Moves (IDN Times/Indah Permata Sari)

Medan, IDN Times - Dulunya futsal merupakan olahraga yang hanya dilakukan para lelaki. Namun sekarang sudah banyak perempuan yang terjun bermain futsal. 

Caroline Kurnia, Pelatih futsal cewek di komunitas She Moves, mengatakan tak ada perbedaan regulasi antara perempuan dan lelaki dalam bermain futsal. Hanya saja memang perbedaannya dari segi power.

"Karena memang udah diciptakan Tuhan secara fisiknya. Beda, jadi gak bisa kita mengharapkan temponya seperti kekuatan mereka," ujar Oline yang akrab disapa namanya sebagai pelatih.

IDN Times merangkum hal yang perlu diketahui untuk melatih dan memahami perempuan agar menjadi pefutsal yang andal ala Caroline Kurnia.

Baca Juga: Futsal Academy Anima 17 Luncurkan Program Boarding School

1. Harus bisa merasa senang dan berbaur positif dengan tim

Futsal cewek bernama She Moves di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Oline mengatakan hal yang pertama harus bisa merasa senang dengan tim tersebut. "Pertama harus cinta dan senang dulu, gak boleh ngerasa tertekan jadi saya mau untuk anak perempuan mengalami komunitas yang positif, rasa aman, dihargai, beri dukungan dari tim dan pelatih buat saya itu yang penting," jelasnya.

2. Memiliki tujuan yang jelas dalam melatih permainan futsal perempuan

Caroline Kurnia, seorang pelatih futsal cewek kenakan pakaian seragam pelatih warna hitam (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurutnya dalam melatih kaum perempuan bermain futsal, seorang pelatih wajib mempunyai goal (tujuan) yang jelas.

Sehingga, tujuan itu bisa persesi latihan, atau bahkan untuk tujuan menjuarai suatu kejuaran atau turnamen dan lain-lain. Karena tujuan akan mempengaruhi bagaimana seorang pelatih membuat program latihan.

Baca Juga: 5 Alasan Caroline Kurnia Jadi Pelatih Futsal Perempuan di Medan 

Berita Terkini Lainnya