Comscore Tracker

Ini 5 Fakta Tari Moyo dari Nias, Gerakannya Unik Mirip Elang

Tari tradisional yang populer di Nias

Medan, IDN Times- Tari Moyo adalah tari tradisional yang sangat populer dari Nias. Tarian ini merupakan tari tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu dan masih dilestarikan hingga kini. Tidak heran, tarian ini menjadi salah satu tarian kebanggaan bagi masyarakat Nias.

1. Sudah ada sejak ratusan tahun

Ini 5 Fakta Tari Moyo dari Nias, Gerakannya Unik Mirip Elanginstagram.com/putripariwisatanias

Dilansir dari beberapa sumber, Tari Moyo sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Dahulu, tarian ini hanya ditampilkan di kalangan masyarakat bangsawan saja, yang memiliki penari khusus. Namun, seiring perkembangan zaman, Tari Moyo mulai dikenal oleh masyarakat bawah dan mulai sering dipelajari khususnya bagi para perempuan. 

Tarian ini biasa ditampilkan pada momen-momen teretentu seperti pesta adat, penyambutan prajurit yang kembali dari berperang serta menyambut para tamu dari kalangan bangsawan.

2. Sebagai tari hiburan

Ini 5 Fakta Tari Moyo dari Nias, Gerakannya Unik Mirip ElangTari Perang Nias (Ono Niha Photo Archive/budaya-indonesia.org)

Tari Moyo termasuk jenis tarian pertunjukkan, sehingga biasa ditampilkan sebagai hiburan dalam suatu acara maupun pertunjukkan seni tari. Seperti perayaan hari besar, penyambutan tamu terhormat, pernikahan dan acara adat. Selain kaya nilai seni, tarian ini juga kaya akan makna serta nilai filosofi di dalamnya.

Baca Juga: Mengenal Tari Tuwu Nias Sumatra Utara dan Maknanya

3. Ditarikan oleh penari wanita

Ini 5 Fakta Tari Moyo dari Nias, Gerakannya Unik Mirip ElangInstagram.com/visit_sumut

Tari Moyo biasa ditampilkan oleh penari wanita secara berpasangan. Jumlah penari biasanya terdiri dari empat orang penari atau lebih sesuai dengan kelompok masing-masing. Busana yang dikenakan para penari dalam pertunjukkan adalah busana tradisional yang merupakan busana khas Suku Nias.

Busana tersebut terdiri dari baju lengan panjang, kain panjang, kain serampang, dan ikat kepala khas Nias. Kostum penari biasanya didominasi oleh warna seperti merah, kuning, hitam, dan putih. 

4. Tari Moyo punya gerak mirip elang

Ini 5 Fakta Tari Moyo dari Nias, Gerakannya Unik Mirip ElangInstagram.com/niasoke

Tari Moyo menurunkan pengertian sebagai tarian yang ditirukan dari gaya burung elang. Burung elang sendiri dalam bahasa Nias disebut Moyo. Gerakan Tari Moyo dalam pelaksanaannya merupakan gerakan tarian yang sangat hati-hati. 

Tarian ini terbilang unik dan khas karena gerakkannya hampir mirip dengan gerakan burung elang yang sedang terbang dan mengepakkan sayap dengan gerakan kaki yang berjinjit.

Selain gerakannya unik, pola lantai yang dimainkan biasanya berpindah-pindah, sehingga membuat pertunjukkan tarian ini semakin menarik.

5. Diiringi musik tradisional khas Nias

Ini 5 Fakta Tari Moyo dari Nias, Gerakannya Unik Mirip ElangInstagram.com/niasoke

Pertunjukkan tarian ini biasanya diiringi musik tradisional khas Nias. Juga diiringi lantunan syair atau lagu yang dibawakan oleh para pengiring vokal yang terdiri dari dua penyanyi.

Biasanya irama yang dimainkan diawali dengan musik bertempo pelan, kemudian berlanjut semakin cepat. Permainan irama tersebut tentunya disesuaikan dengan gerakan para penari dan syair lagu yang dibawakan. 

Baca Juga: 5 Tarian Khas Karo yang Perlu Dilestarikan dan Kisah di Baliknya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya