Comscore Tracker

Sebulan Pasca Rusuh Lapas Langkat, 53 Narapidana Masih Buron

33 pegawai ditarik ke Kemenkumham Sumut

Medan, IDN Times - Kerusuhan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas III Langkat, Sumatera Utara masih menyisakan sejumlah permasalahan. Untuk menuntaskannya, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemkumham) Sumut membuat langkah-langkah.

Sudah sebulan berlalu namun saat ini puluhan narapidana juga masih buron. Mereka masih dalam proses pengejaran.

Baca Juga: Sapu Bersih, Menkumham: Semua Pegawai Lapas Langkat Dinonaktifkan

1. 33 pegawai Lapas dicopot pasca kerusuhan

Sebulan Pasca Rusuh Lapas Langkat, 53 Narapidana Masih BuronIDN Times/Istimewa

Ada 33 dari 64 pegawai yang dicopot dari Lapas Narkotika Kelas III Langkat. Kata Kepala Kanwil kemkumham Sumut Dewa Putu Gede, pencopotan itu sesuai instruksi dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

“Pegawai sudah saya pindahkan ke Kanwil Kemenkuham. Saya berikan pemahaman lah, assesment," sebut Putu Gede, Rabu (12/6).

2. Pegawai pengganti sudah mulai bekerja

Sebulan Pasca Rusuh Lapas Langkat, 53 Narapidana Masih BuronIDN Times/Istimewa

Dewa Putu juga mengatakan, jika para pegawai pengganti sudah mulai bekerja di Lapas. Saat ini pihaknya juga terus membenahi kondisi Lapas. .

"Bukan semua, (namun) dari 64 pegawai sudah 33 orang di Kanwil (Kemenkumham Sumut) sekarang. Untuk pegawai yang baru juga sudah diberi pemahaman supaya melakukan pelayanan yang terbaik,"bebernya.

3. 53 Napi masih buron

Sebulan Pasca Rusuh Lapas Langkat, 53 Narapidana Masih BuronIDN Times/Fadli Syaputra

Dari total ratusan Napi yang kabur, saat ini 53 orang masih buron. Mereka tetap berkoordinasi dengan polisi serta masyarakat untuk menangkap para Napi.

Sampai saat ini belum ketangkap 53 orang. Kita terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta masyarakat untuk mengejar para napi yang belum kembali,"sebutnya.

Seperti diberitakan, kerusuhan terjadi di Lapas Narkotika Kelas III, Langkat, Sumut, Kamis (16/5) siang. Napi dan tahanan mengamuk dan merusak kendaraan di lapas karena emosi melihat rekan mereka disiksa sipir. Gedung-gedung di Lapas juga dirusak.  Sejumlah mobil dan sepeda motor dibakar. 

Baca Juga: [BREAKING] Napi Kabur dan Bikin Kerusuhan, Kalapas Langkat Dicopot

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You