Karhutla Danau Toba, Polda Sumut Selidiki Dugaan Kesengajaan

2 tersangka ditangkap, kasusnya dikembangkan

Medan, IDN Times – Tim gabungan disebut sudah memadamkan kebakaran hutan dan lahan kawasan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Kebakaran yang terjadi sejak Jumat (5/8/2022) itu, menghanguskan sekitar 40 Ha lahan yang berada pada kawasan hutan lindung dan Hutan Produksi Terbatas (HPT).

"Sampai dengan saat ini area kebakaran hutan yang terjadi di Kabupaten Samosir kondisinya sudah padam. Api berhasil dikendalikan," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumut Komisaris Besar Hadi Wahyudi, Selasa (9/8/2022).

1. 200 personel gabungan diterjunkan padamkan api

Karhutla Danau Toba, Polda Sumut Selidiki Dugaan KesengajaanSuasana kebakaran lahan di Bukit Parombahan, Desa Aek Sipitudai, Sianjur Mulamula, Samosir, Sumatera Utara, Minggu (7/8/2022) malam. (ANTARA Foto/Francisco Carolio)

Kata Hadi, dalam upaya pemadaman, ada 200 orang dari tim gabungan yang terlibat. Mulai dari polisi, TNI , Manggala Agni, Damkar, Dinas Kehutanan hingga BPBD.

“Tim  berjibaku memadamkan api di lahan – lahan yang terbakar,” ujar Hadi.

Baca Juga: Hutan Lindung di Samosir Terbakar Lagi, Kadishut: Pusing Saya

2. Dua orang jadi tersangka, kasusnya dikembangkan

Karhutla Danau Toba, Polda Sumut Selidiki Dugaan KesengajaanKebakaran hutan di kawasan Desa Simulop, Pangururan, Samosir, Sumatera Utara, Minggu (7/8/2022) malam. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Saat ini, polisi juga  sudah menetapkan dua tersangka dalam kasus kebakaran itu. Seorang nenek berinisial PS  (62) dan remaja 14 tahun berinisial KN.

"Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim Labfor dan penyidik dari Polda Sumut dan Polres, berdasarkan keterangan sementara mereka mengakuinya. Di mana, tujuan awalnya adalah untuk membuka lahan perkebunan dan yang satu lagi anak yang dibawah umur disuruh seseorang untuk membakar sampah. Dan api sampah yang terbakar merembet ke ilalang hingga terjadi kebakaran hutan dan lahan," ungkap Hadi.

Kedua tersangka tidak ditahan. Namun mereka terus melakukan penyelidikan.

3. Petugas masih bersiaga cegah titik api muncul lagi

Karhutla Danau Toba, Polda Sumut Selidiki Dugaan KesengajaanSuasana kebakaran lahan di Bukit Parombahan, Desa Aek Sipitudai, Sianjur Mulamula, Samosir, Sumatera Utara, Minggu (7/8/2022) malam. (ANTARA Foto/Francisco Carolio)

Sampai saat ini, kata Hadi, polisi masih bersiaga di lokasi. Mereka mencegah api kembali marak.

"Karena saat ini cuaca panas dikhawatirkan akan timbul sumber api dari lahan yang terbakar," pungkasnya.  

Sebelumnya, pada akhir Juli 2022, kebakaran juga melanda Samosir. 85 Ha kawasan hutan dilaporkan terbakar. Saat itu bertepatan dengan gelaran W20 di Danau Toba. 

Kemudian pada pertengahan Juli 2022, seorang warga di Tapanuli Utara dilaporkan meninggal dunia saat berupaya memadamkan Karhutla di sana.

Baca Juga: Karhutla Danau Toba, Nenek 62 Tahun dan Remaja Jadi Tersangka

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya