Comscore Tracker

Kamar ICU Sudah 90 Persen Terisi, Angka COVID-19 Terus Naik di Sumut

Satgas COVID-19 enggan beberkan detail ketersediaan kamar

Medan, IDN Times - Pandemik COVID-19 masih terus terjadi di Sumatra Utara. Orang yang diserang virus itu pun kian bertambah saban hari. Begitu juga korban yang meninggal dunia.

Berbagai upaya sudah dilakukan, namun masih saja terjadi kasus harian yang jumlahnya kian meningkat.

1. Penambahan kasus harian di Sumut nyaris menyentuh 90 orang

Kamar ICU Sudah 90 Persen Terisi, Angka COVID-19 Terus Naik di SumutSeorang pasien COVID-19 meletakkan kedua tangan di kepalanya (ANTARA FOTO/REUTERS/Baz Ratner)

Dilansir ANTARA, akumulasi kasus harian di Sumut terus meningkat signifikan. Ada penambahan 89 kasus menurut data per Senin (10/5/2021). Penambahan ini membuat angka kumulatif COVID-19 di Sumut menjadi 30.147 orang.

Sementara itu, pada hari sebelumnya, ada penambahan 76 kasus dari berbagai daerah. Ada pun 89 kasus baru terkonfirmasi dalam satu hari itu berasal dari Medan 38 orang, Deliserdang 25 , Tapanuli Utara 7, Labuhanbatu Utara 6, Karo 5, Batubara 5 , dan Dairi 3 orang.

"Semoga kasus terkonfirmasi bisa ditekan. Seluruh. Masyarakat diminta ikut peduli dengan menjalankan protokol kesehatan khususnya di Lebaran, " kata Jubir Satgas COVID-19 Sumut Aris Yudhariansyah.

Baca Juga: UAS: Ustaz Tengku Zulkarnain Habiskan Takutnya hanya pada Allah SWT

2. Angka kematian hampir menyentuh 1.000 orang

Kamar ICU Sudah 90 Persen Terisi, Angka COVID-19 Terus Naik di SumutIlustrasi. Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Sementara itu, peningkatan juga terjadi pada angka kematian. Ada empat kasus kematian karena COVID-19 dalam satu hari.

"Ada empat orang lagi pasien COVID yang meninggal dalam satu hari sehingga totalnya 992 atau sudah mendekati 1.000," kata Aris.

Empat orang yang meninggal dalam satu hari itu semuanya merupakan pasien dari Kabupaten Batubara.

3. Satgas COVID-19 enggan beberkan data ketersediaan kamar isolasi

Kamar ICU Sudah 90 Persen Terisi, Angka COVID-19 Terus Naik di SumutIlustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Jojon)

Jumlah ketersediaan kamar atau Bed Occupancy Rate (BOR) untuk isolasi d Sumut dikabarkan kian menipis. Namun sayangnya, saat dikonfirmasi soal data itu, Satgas COVID-19 Sumut terkesan menghindar. Sehingga tidak diketahui angka pasti data ketersediaan kamar di Sumut. Aris Yudhariansyah hanya memberikan gambaran persentasi ketersediaan kamar ICU.

“Kalau yang ICU sekitar 90 persen sudah terisi. Tapi kalau non-ICU masih ada. Angka pastinya kurang tahu,” ujar Aris.

Baca Juga: COVID-19 di Sumut Tembus 30 Ribu Orang, Kasus Harian Kembali Meningkat

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya