Comscore Tracker

2 Meninggal Dalam Sehari, Sudah 8 Dokter Sumut Gugur Karena COVID-19

Sebelum dr Dennis, ada dr Sabar Tuah Barus yang gugur

Medan, IDN Times – Daftar dokter yang gugur karena COVID-19 di Sumut bertambah. Totalnya sudah delapan dokter yang meninggal dunia karena corona.

Dalam sepekan ini sudah dua dokter yang meninggal. Mereka adalah, dr Dennis dan dr Sabar Tuah Barus, Sp.A yang meninggal pada Selasa 11 Agustus 2020.

1. dr Sabar Tuah Barus meninggal pada Selasa siang

2 Meninggal Dalam Sehari, Sudah 8 Dokter Sumut Gugur Karena COVID-19Dokter Sabar Tuah Barus (Dok.IDN Times/istimewa)

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan dr Wijaya Juwarna membenarkan kabar meninggalnya dua dokter terbaik di Sumut. Sabar Tuah diketahui meninggal pada Selasa siang.

“Jadi sebenarnya, dr Sabar Tuah Barus ini meninggal kemarin siang. Cuma kita cek dulu data keanggotaan kita karena beliau termasuk senior. Kita cek, benar adanya anggota IDI Medan. Data terakhir kita di IDI Medan ini 2015, artinya beliau tidak update data. Data kita beliau berpraktik di rumahnya,” kata Wijaya, Kamis (13/8/2020)

Baca Juga: Sumut Berduka, Dokter Muda Gugur Dalam ‘Perang’ Melawan COVID-19

2. dr Dennis meninggal Selasa malam

2 Meninggal Dalam Sehari, Sudah 8 Dokter Sumut Gugur Karena COVID-19Ilustrasi tenaga medis (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara itu, dr Dennis meninggal pada Selasa malam, sekitar pukul 19.00 WIB di RS Siloam Medan. IDI Medan baru mengetahui kabar itu sejam setelah dinyatakan meninggal.

Sehari-hari, Dennis diketahui berdinas di salah satu klinik di Kota Medan. Dia memang tidak menangani pasien COVID-19 secara langsung.

“Saat ini, temannya yang bekerja di klinik yang sama, tengah dirawat di ICU salah satu RS di kota Medan," ujar Wijaya.

Kekhawatiran pun muncul karena tenaga medis yang terpapar semakin banyak. Jika terus meningkat, kondisi ini bisa mengganggu penanganan COVID-19. Wijaya menyarankan  pemerintah memetakan kembali rumah sakit khusus corona dengan non corona

3. Berikut nama dokter anggota IDI Medan yang gugur karena corona

2 Meninggal Dalam Sehari, Sudah 8 Dokter Sumut Gugur Karena COVID-19Delapan dokter di Sumut yang meninggal (Dok.IDN Times/istimewa)

Dengan semakin banyaknya jumlah dokter yang meninggal, Wijaya berharap kepada semua pihak memperhatikan dan menghargai perjuangan dokter. "Kita masih berharap dukungan seluruh pihak, baik dari pemerintah dan masyarakat untuk turut menghargai perjuangan para dokter,  yang dalam tidurnya seolah tetap terbangun karena ketika bertugas seolah olah menghadapi jutaan peluru yang tidak terlihat mata," pungkas Wijaya.

Berikut nama delapan dokter di Sumut yang meninggal karena corona:

1.      dr Ucok Martin, Sp.P

2.      dr Anna Mari Ulina Bukit

3.      dr Irsan Nofi Hardi N. Lubis, SP.S

4.      dr Aldreyn Asman Aboet, SpAn.KIC

5.      dr Andhika Kesuma Putra, M.Ked (P)., Sp.P., FCCP

6.      dr Ahmad Rasyidi Siregar, Sp.B,

7.      dr Dennis  

8.      dr Sabar Tuah Barus.

Baca Juga: Kisah Almarhum Dokter Andhika, Sejak Awal Siap Syahid Melawan COVID-19

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya