Rute Kereta Api Bandara Kualanamu Akan Diperpanjang ke Binjai

Rute akan diperpanjang mulai Desember 2023

Medan, IDN Times- Kereta Api Bandara Kualanamu akan meningkatkan pelayanannya dengan memperpanjang rute terbaru mulai Desember mendatang.

Jika pelayanan KA Bandara, baru melayani Kualanamu-Kota Medan, maka rute baru KA Bandara akan diperpanjang hingga ke Kota Binjai. 

1. Pelayanan juga akan ditingkatkan, waktu tunggu antar kereta bandara 15 menit sekali

Rute Kereta Api Bandara Kualanamu Akan Diperpanjang ke BinjaiIlustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal itu, disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya saat melakukan kunjungan kerja di Stasiun Binjai beberapa waktu lalu.

Katanya, dengan perluasan pelayanan KA Bandara, berdampak dengan akses masyarakat dari Kota Binjai ke Bandara Kualanamu, lebih dekat dengan jarak tempuh dilalui.

"Pada Desember 2023, nanti akan dilakukan perpanjangan perjalanan KA Bandara Kualanamu sampai dengan Binjai," sebut Menhub. PT Railink akan terus dilakukan meningkatkan headway atau waktu tunggu antar kereta bandara 15 menit sekali.

Baca Juga: Railink Kini Hanya Kelola KA Bandara YIA dan Kualanamu

2. Kereta api dari Stasiun Binjai–Stasiun Besitang hingga Stasiun Sei Sirah akan dioperasikan

Rute Kereta Api Bandara Kualanamu Akan Diperpanjang ke Binjaiilustrasi tempat duduk kereta api (unsplash.com/Falaq Lazuardi)

Selain kereta bandara, untuk mendorong transportasi massal perkotaan, Menhub mengatakan, ke depan akan dioperasikan pula kereta api dari Stasiun Binjai–Stasiun Besitang hingga Stasiun Sei Sirah sepanjang 88,55 Km.

Kereta tersebut akan melewati sembilan stasiun antara lain Stasiun Binjai, Kuala Bingai, Stabat, Tanjung Selamat, Tanjung Pura, Gebat, Pangkalan Brandan, Besitang, juga Sei Sirah, dengan total waktu tempuh kurang lebih 2 jam 38 menit serta kapasitas lintasan 65 kereta dan 530 orang per hari.

3. Fasilitas angkutan massal komuter di kota Medan akan ditingkatkan

Rute Kereta Api Bandara Kualanamu Akan Diperpanjang ke BinjaiIDN Times/Galih Persiana

Kemudian, Menhub juga akan memastikan fasilitas angkutan massal komuter di kota Medan dan sekitarnya ada peningkatan.

"Sehingga masyarakat Binjai, bisa langsung melakukan perjalanan menggunakan KA Bandara menuju Stasiun Bandara Kualanamu atau sebaliknya," ucap Menhub.

Budi Karya juga mengucapkan terima kasih kepada PT KAI, Pemda, TNI, Polri serta para pihak yang telah mendukung pengembangan perkeretaapian di wilayah Sumatra Utara.

Baca Juga: Tarif Tol Medan-Binjai Naik, Ini Harga Terbarunya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya