Dear Parents, Ini Usia yang Tepat untuk Anak Disunat

Dokter Arya sebut banyak manfaat sunat

Medan, IDN Times - Jika para ibu masih banyak yang ragu ataupun bertanya-tanya kapan sih usia yang tepat untuk melakukan sunat pada anak laki-laki?. Sejumlah anak berani melakukannya saat usia 7 tahun ke atas.

Namun ternyata, usia yang tepat untuk melakukan sunat pada anak adalah usia bayi. Dokter Arya Tjipta, Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik menjelaskan hal tersebut. Kemudian ia juga memaparkan manfaatnya.

Sunat merupakan prosedur membuang kulit prepusium penis atau lebih dikenal dengan kulup. Katanya, usia yang tepat dilakukan sunat pada anak laki-laki adalah sekitar usia 1-2 bulan. “Kita sarankan untuk sunat usia 1-2 bulan,” ucapnya pada IDN Times beberapa waktu lalu.

1. Ada sejumlah manfaat yang didapat dari sunat

Dear Parents, Ini Usia yang Tepat untuk Anak DisunatIDN Times/Masdalena Napitupulu

Arya menjelaskan, ada sejumlah manfaat yang didapat jika disunat. Selain manfaat medis, ada juga manfaat estetisnya. Kemudian, mengurangi risiko kanker penis. "Sunat mengurangi risiko kanker penis," ucapnya.

Kata Arya, untuk memberi dukungan pada kesehatan anak kurang mampu ia rutin melakukan bakti sosial sunat massal. Namun, kali ini, pihaknya berkolaborasi bersama PT Bank Mestika Dharma Tbk. Tujuannya sama, melakukan bakti sosial untuk anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.

2. Sunat dengan metode sirkumsisi ini masih lebih aman

Dear Parents, Ini Usia yang Tepat untuk Anak Disunatpotret Arsya Hermansyah sunat (youtube.com/thehermansyaha6world)

Arya menjelaskan, peserta sunat massal ini rata-rata berusia 7 tahun ke atas. Sunat dilakukan dengan metode sirkumsisi atau konvensional. Menurutnya sunat dengan metode sirkumsisi ini masih lebih aman.

"Dengan metode sirkumsisi durasi sunatnya sekitar 10-20 menit. Namun dengan laser lebih lama sekitar 30-45 menit," ucapnya.

“Untuk sunat massal kegiatan dengan metode laser makan waktu lama. Apalagi dengan laser harus memiliki skill,” tambahnya.

Baca Juga: PT Pelni Medan Siapkan 11 Frekuensi Berlayar untuk Layani Pemudik

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya