Comscore Tracker

Dear Parents, Ini Usia yang Tepat untuk Anak Disunat

Dokter Arya sebut banyak manfaat sunat

Medan, IDN Times - Jika para ibu masih banyak yang ragu ataupun bertanya-tanya kapan sih usia yang tepat untuk melakukan sunat pada anak laki-laki?. Sejumlah anak berani melakukannya saat usia 7 tahun ke atas.

Namun ternyata, usia yang tepat untuk melakukan sunat pada anak adalah usia bayi. Dokter Arya Tjipta, Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik menjelaskan hal tersebut. Kemudian ia juga memaparkan manfaatnya.

Sunat merupakan prosedur membuang kulit prepusium penis atau lebih dikenal dengan kulup. Katanya, usia yang tepat dilakukan sunat pada anak laki-laki adalah sekitar usia 1-2 bulan. “Kita sarankan untuk sunat usia 1-2 bulan,” ucapnya, saat ditemui di Beautify Indonesia. 

1. Ada sejumlah manfaat yang didapat jika disunat

Dear Parents, Ini Usia yang Tepat untuk Anak DisunatIDN Times/Masdalena Napitupulu

Arya menjelaskan, ada sejumlah manfaat yang didapat jika disunat. Selain manfaat medis, ada juga manfaat estetisnya. Kemudian, mengurangi risiko kanker penis. "Sunat mengurangi risiko kanker penis," ucapnya.

Kata Arya, untuk memberi dukungan pada kesehatan anak kurang mampu ia rutin melakukan bakti sosial sunat massal. Namun, kali ini, pihaknya berkolaborasi bersama PT Bank Mestika Dharma Tbk. Tujuannya sama, melakukan bakti sosial untuk anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.

2. Sunat dengan metode sirkumsisi ini masih lebih aman

Dear Parents, Ini Usia yang Tepat untuk Anak DisunatIDN Times/Masdalena Napitupulu

Arya menjelaskan, peserta sunat massal ini rata-rata berusia 7 tahun ke atas. Sunat dilakukan dengan metode sirkumsisi atau konvensional. Menurutnya sunat dengan metode sirkumsisi ini masih lebih aman. "Dengan metode sirkumsisi durasi sunatnya sekitar 10-20 menit. Namun dengan laser lebih lama sekitar 30-45 menit," ucapnya.

“Untuk sunat massal kegiatan dengan metode laser makan waktu lama. Apalagi dengan laser harus memiliki skill,” tambahnya.

3. Ada 100 anak yang disunat dalam program bakti sosial Bank Mestika bekerja sama dengan Beautify Indonesia

Dear Parents, Ini Usia yang Tepat untuk Anak DisunatIDN Times/Masdalena Napitupulu

Corporate Secretary Bank Mestika, Suharto Kurniawan, menyebutkan ada 100 anak yang disunat dalam program tersebut. "Program sunat massal ini merupakan bakti sosial Bank Mestika bekerja sama dengan Beautify Indonesia," ujarnya, Minggu (10/10/2021).

Kabag Corporate Secretary, Doris Thianne, Suharto mengatakan, bakti sosial sunat massal ini digelar Bank Mestika untuk pertama kali. "Kalau selama ini bakti sosial untuk anak-anak terfokus pada pendidikan dan kesehatan, maka sunat massal ini akan menjadi prioritas juga setelah sukses digelar Oktober ini," ucapnya. 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya