Comscore Tracker

Peringati Hari Anak, YAFSI Lakukan Fieldtrip dan Persami  

Berharap anak-anak nantinya dapat berorganisasi dengan baik

Medan, IDN Times - Memeringati Hari Anak Nasional (HAN) 2022, yang diperingati setiap 23 Juli, Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) mengelar kegiatan perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) yang berlangsung di Kelurahan Amplas, pada Sabtu (23/7/2022).

"Jadi, di tahun ini, konsep yang kita angkat untuk perayaan Hari Anak ini adalah, kita melaksanakan Persami," kata Ketua YAFSI Badriyah.

1. Melihat pengalaman dua tahun ke belakang adanya pandemik COVID-19, YAFSI bertema Anak Terlindungi Indonesia Maju

Peringati Hari Anak, YAFSI Lakukan Fieldtrip dan Persami  Suasana anak-anak pada peringatan HAN 2022, Yafsi gelar Fliptrip dan Persami (Dok. Istimewa)

Badriyah menuturkan, untuk tahun ini peringatan Hari Anak Nasional mengusung tema 'Anak Terlindungi Indonesia Maju, dengan sub tema, 'Anak Tangguh Indonesia Lestari'.

"Tema ini kami ambil karena kami juga melihat pengalaman dua tahun ke belakang, anak-anak itu, perayaan Hari Anak itu dilakukan melalui daring. Karena memang adanya pandemi COVID-19," tuturnya.

Badriyah menjelaskan, adapun kegiatan yang dilakukan dalam memperingati Hari Anak Nasional ini antara lain adanya festival rangkaian kebudayaan mulai dari seni tari hingga menyanyi. Kemudian, ada sesi dongeng nusantara.

"Ini kita angkat karena, kita (YAFSI) ingin tetap menguatkan kearifan lokal yang ada di negara kita," jelasnya.

2. Ada fieldtrip ke P2K Medan dan Persami

Peringati Hari Anak, YAFSI Lakukan Fieldtrip dan Persami  Suasana anak-anak pada peringatan HAN 2022, Yafsi gelar Fliptrip dan Persami (Dok. Istimewa)

Kemudian pada Minggu (24/7/2022), kata Badriyah para peserta Persami akan berkunjung (fieldtrip) ke Dinas Pencegah dan Pemadaman Kebakaran (P2K) Kota Medan untuk belajar berliterasi bagaimana ketika musibah kebakaran terjadi, anak-anak, selain materi juga mungkin akan mendapatkan simulasi di Dinas P2K Medan.

"Dilanjutkan nanti, kembali ke camp, kita akan melakukan bersih-bersih di sekitar lingkungan khususnya di lingkungan 1 Kelurahan Amplas. Jadi kita ingin, selain anak-anak bisa berliterasi, anak-anak bisa besosialisasi, kemudian tujuan YAFSI sendiri, agar anak-anak bisa menjadi agen perubahan, menjadi generasi anti hoax. Satu lagi yang juga ingin kita capai adalah, YAFSI sebagai mitra pemerintah ingin turut serta berpartisipasi untuk mewujudkan Kota Medan sebagai Kota Layak Anak," ujarnya.

Badriyah menambahkan, dengan adanya Persami ini memberikan ruang kepada anak-anak untuk dapat memberikan hak mereka. Selain itu juga penguatan untuk perlindungan anak-anak Indonesia.

"Dirgahayu Anak-anak Indonesia. Anak Terlindungi Indonesia Maju," tambahnya.

3. Membuat anak-anak menjadi lebih aktif, kreatif, mandiri, dan dapat berorganisasi dengan baik

Peringati Hari Anak, YAFSI Lakukan Fieldtrip dan Persami  Suasana anak-anak pada peringatan HAN 2022, Yafsi gelar Fliptrip dan Persami (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Lurah Amplas, M. Fitrah Josa Ritonga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Medan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas pelaksanaan peringatan Hari Anak Nasional, yaitu kegiatan Persami ini.

"Kemudian kepada lembaga-lembaga yang berperan di sini, terutama YAFSI, karena kegiatan ini sangat bermanfaat dapat membuat anak-anak di sini menjadi lebih aktif, kreatif, mandiri, dan dapat berorganisasi dengan baik," tandasnya.

Baca Juga: Duka Konservasi, Matinya Sang Harimau Citra

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya