Viral, Pasien RSU FL Tobing Meninggal setelah Diberi Obat lewat Infus

Keluarga minta pihak rumah sakit bertanggungjawab

Sibolga, IDN Times - Pelayanan di Rumah Sakit Umum (RSU) FL Tobing Sibolga menjadi perbincangan hangat netizen di Facebook. Pasalnya, warga Desa Sidikalang, Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara meninggal dunia setelah mendapat suntikan ke selang infusnya pada Kamis (20/6).

Kematian pasien atas nama Gisen Pasaribu diposting pada akun Facebook Romi Kebaya dressmaker. Dalam akun tersebut Gisen yang merupakan keponakannya meninggal usai menjalani operasi di RSU FL Tobing Sibolga.

"Dua hari setelah operasi sudah sehat, tapi setelah makan obat dan diberikan suntikan ke infus, Gisen (korban) langsung merasakan pusing dan kejang kejang selama 4 kali, dan kemudian menghembuskan nafas terakhirnya," jelas Romi.

1. Kematian Gisen mendapat tanggapan dari warganet

Viral, Pasien RSU FL Tobing Meninggal setelah Diberi Obat lewat Infusfacebook

Dalam akun Facebook-nya tersebut, Romi juga menjelaskan bahwa setelah mendapat suntikan ke selang infus keponakannya (Gisen), kaki korban pun membiru yang membuat ibu korban menangis histeris melihat kondisi tersebut.

"Perawatnya sombong-sombong, dua jam sebelum kejadian, ibu korban sempat memanggil-manggil perawatnya, tapi sangat sombong dan tidak mengacuhkan ibu korban," jelasnya.

Postingan terkait kematian keponakannya yang diposting pada Jumat (21/6) itu mendapat tanggapan dari para netizen. Dalam postingan itu sedikitnya ada sebanyak 3.017 orang yang like dengan komentar 2.223 orang, serta dibagikan 1.396 orang.

Gisen Pasaribu yang tewas setelah mendapat suntikan oleh perawat di RSU FL Tobing Sibolga telah dimakamkan oleh pihak keluarga korban pada Minggu (23/6). Gisen sempat dirawat di RSU FL Tobing akibat mengalami penyakit Hernia.

Baca Juga: Selain Peti dan Ambulans, 3 Bilal Mayit Didatangkan Ke RS Bhayangkara

2. Gisen mengalami kejang-kejang setelah perawat menyuntikkan cairan ke selang infus

Viral, Pasien RSU FL Tobing Meninggal setelah Diberi Obat lewat InfusDok.IDN Times/istimewa

Boru Marbun orang tua Gisen saat ditemui di rumah duka di Desa Sidikalang, Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara meminta agar pihak rumah sakit dapat bertanggungjawab atas kematian anaknya.

"Macam apalah anak saya dibuat ini itu sudah macam suntik mati saya lihat seketika hanya satu menit langsung meninggal lah. Itu kan sudah tidak beres lagi," kata Marbun.

Dijelaskan ibu korban, anaknya dibawa ke RSU FL Tobing pada Selasa (18/6) karena dinyatakan mengidap penyakit Hernia. Oleh pihak rumah sakit, korban pun disarankan untuk menjalani puasa sebelum di operasi pada hari Rabu (19/6).

3. Keluarga meminta pertanggungjawaban pihak rumah sakit

Viral, Pasien RSU FL Tobing Meninggal setelah Diberi Obat lewat InfusDok.IDN Times/istimewa

Masih menurut Ibu korban, Gisen juga sudah terlihat sehat setelah operasi dan sudah berbincang dengannya. "Setelah operasi pada hari Rabu, masih sehatnya dia (gisen), masih makan, masih cerita-cerita sama ku," kata mama korban, boru Marbun.

Dikatakan boru Marbun, hari Kamis (20/6) itu adalah pertemuan terakhir dengan anak pertamanya, Gisen Pasaribu. Anaknya dinyatakan meninggal setelah mendapat suntikan cairan ke selang infus anaknya dari perawat RSU FL Tobing Sibolga.

"Jadi datang salah seorang perawat ke kamar kami dan menyuntikan ke sambungan infus ke tangan anak saya, gak ada satu menit setelah disuntik, keluar buih dari mulut anak saya dan langsung kejang-kejang," kata mama Gisen.

Melihat kejadian itu, ia dan keluarga lainnya meminta agar perawat yang menyuntikkan ke selang anaknya harus diberikan sanksi. Ia juga berharap agar pihak rumah sakit bersikap profesional dalam menanggapi kematian anaknya itu.

"Kami dari pihak keluarga berharap agar pihak rumah sakit mau bertanggungjawab. Dan kami juga berharap pembenahan di rumah sakit juga harus di perketat agr tidak semena-mena kepada pasien supaya tidak ada lagi korban selanjutnya," katanya.

4. Humas RSU FL Tobing mengaku pengobatan ke Gisen sudah sesuai SOP

Viral, Pasien RSU FL Tobing Meninggal setelah Diberi Obat lewat InfusIDN Times/Hendra Simanjuntak

Sementara itu, lvino K Hakim selaku Humas RSUD FL Tobing Kota Sibolga mengaku belum dapat memberikan keterangan terkait meninggalnya pasien atas nama Gisen Pasaribu.

"Kita masih meneliti, memeriksa kembali apa penyebabnya," jelas Elvino saat dikonfirmasi di RSUD FL Tobing Sibolga, Senin (24/6).

Menurut Elvino, Gisen mengidap penyakit Hernia (turun berok). Penyakit itu diketahui pada Kamis 20 Juni 2019 lalu. PIhaknya juga mengaku telah melakukan pengobatan sesuai dengan SOP.

"Tempo hari dia operasi Hermia, masuk ke ruangan setelah itu diberi obat sesuai SOP. Tak lama berselang Kamis saya lupa dua hari masuk ruangan pas penyuntikan itu disitu aja, barang kali alergi obat, tapi obatnya sesuai SOP," katanya.

5. Humas RS FL Tobing menduga Gisen alergi obat

Viral, Pasien RSU FL Tobing Meninggal setelah Diberi Obat lewat Infuspexels.com/pixabay

Elvino menerangkan bahwa suntikan yang diberikan kepada Gisen sesuai dengan SOP, dia menduga bahwa kematian Gisen akibat alergi obat. Saat ini pihaknya juga masih melakukan Komite medik terkait tewasnya Gisen.

"Kondisi pasien setelah operasi bagus alhamdulilah sehat. Jenis obat suntikan injeksi antibiotik sesuai dengan SOP. Itu masih kita bicarakan lagi sama direktur kita, karena kita ada komite medik, barangkali kita menduga pasien alergi pas penyuntikan. Kita tak bisa pastikan," bebernya.

Baca Juga: Seluruh Jenazah Korban Kebakaran Pabrik Korek Gas Sudah Dikebumikan 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya