Polisi Ringkus Sindikat Pencurian Mobil Rental di Asahan

Pemilik rental harus gunakan GPS

Asahan, IDN Times - Maraknya kasus pencurian mobil dengan modus rental kembali terjadi. Kali ini Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resort (Satreskrim) Asahan bekerjasama dengan Polisi Sektor (Polsek) Prapat Janji mengamankan dua orang tersangka.

Hal ini dikatakan Kasat Reskrim Polres Asahan AKP Ricky Pripurna Atmaja didampingi Kapolsek Prapat Janji AKP Nasib Manurung, saat memberikan keterangan kepada awak media di RSU Kisaran, Senin (27/5).

Baca Juga: Tokoh Agama dan Masyarakat Asahan Serukan Tolak Aksi People Power

1. Dua ditangkap, satu orang masih DPO

Polisi Ringkus Sindikat Pencurian Mobil Rental di AsahanPixabay.com

Kedua tersangka tersebut yakni, Zainal (39) warga Ujung Batu Rokan, Riau dan Suryadi (30) warga Sei Silau Kecamatan Buntu Pane, Asahan dan untuk satu orang lagi tersangka masih DPO.

Kasat Reskrim Polres Asahan pun menjelaskan bahwa kedua tersangka melakukan aksinya dengan modus merental mobil. Namun rental mobil kali ini dengan sopir alias tidak 'lepas kunci'. 

Setelah itu, tersangka pun mengancam supir tersebut sehingga supir tersebut takut dengan ancaman tersangka. Apalagi tersangka tidak segan-segan melukai korbannya yang melawan.

2. Polisi tembak dua kaki tersangka

Polisi Ringkus Sindikat Pencurian Mobil Rental di Asahanautozone

Selain itu para pelaku juga terpaksa ditembak kakinya karena sempat melakukan perlawanan kepada petugas. 

"Kita berhasil amankan dua orang dari tiga tersangka, dan berikan tindakan dengan menembak kedua kakinya karena melakukan perlawanan saat dibekuk tim," ucap AKP Ricky Pripurna Atmaja.

3. Polisi imbau pemilik rental menggunakan GPS

Polisi Ringkus Sindikat Pencurian Mobil Rental di Asahantekno.kompas.com

Para tersangka memang merupakan sindikat spesialis pencuri mobil rental.  "Kedua tersangka juga sindikat spesialis rental, dan kita sudah berhasil amankan semuanya juga barang bukti mobil Avanza Putih," tegas Ricky.

Kasat Reskrim pun mengimbau kepada pemilik rental mobil agar selalu berikan GPS (Global Positioning System) kepada mobil masing-masing agar mudah terdeteksi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Apalagi jelang libur lebaran banyak yang merental mobil dan faktor keamanan belum terjamin.

Baca Juga: Polisi Bagi Makanan Berbuka ke Pengendara di Asahan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya