Comscore Tracker

Medan Turun ke Level 3, Ini Daftar Lengkap Zona PPKM di Sumut 

Bioskop sudah boleh buka di level 3

Medan, IDN Times - Perkembangan positif untuk kasus COVID-19 di Sumatra Utara. Mulai Selasa (20/9/2021), tidak ada lagi daerah yang awalnya menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah. Dari assesmen Kementerian Kesehatan RI pada 18 September 2021, tidak ada lagi daerah di Sumut yang masuk kategori Level 4. 

1. Medan dan Sibolga dan Siantar turun jadi level 3

Medan Turun ke Level 3, Ini Daftar Lengkap Zona PPKM di Sumut Masjid Raya Al Mashun (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dari data yang juga terkini Kota Medan, Kota Sibolga, dan Kota Pematangsiantar yang sebelumnya berada di Level 4, kini telah turun ke Level 3. Begitu juga Mandailing Natal yang sempat berada di level 4 karena adanya kesalahan data.

Baca Juga: Daftar Wilayah PPKM Level 4 dan Level 3

2. Daftar daerah Sumut yang level 3

Medan Turun ke Level 3, Ini Daftar Lengkap Zona PPKM di Sumut Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution (kedua dari kiri) didampingi Koordinator Gedung Karantina Mandiri Mardohar Tambunan (kiri) meninjau lokasi isolasi mandiri di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara, Kamis (5/8/2021). (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Dari data nasional daerah yang menerapkan 105 kab/kota, Level 2 sebanyak 250 kab/kota, dan Level 1 sebanyak 21 kab/kota.

Sementara daerah Sumut yang berada di Level 3 selain daerah tadi adalah Serdang Bedagai, Kota Tanjung Balai, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Langkat, Kota Binjai, Labuhanbatu Utara, Batu Bara, dan Kota Tebing Tinggi.

3. Daftar daerah yang level 2

Medan Turun ke Level 3, Ini Daftar Lengkap Zona PPKM di Sumut Polres Serdang Bedagai lakukan penyekatan di jalan menuju Pantai Cermin, Serdang Bedagai (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara daerah di Sumut yang terapkan PPKM Level 2 terdiri dari; Toba, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Tengah, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan, Kota Sibolga, Simalungun, Kota Padangsidimpuan, Samosir, Kota Gunung Sitoli, Pakpak Bharat, Karo, Nias Utara, Humbang Hasundutan, Nias Selatan, Dairi, Nias Barat, Asahan, dan Nias.

4. Aturan level 3 dan 2 di Luar Jawa/Bali, bioskop mulai buka

Medan Turun ke Level 3, Ini Daftar Lengkap Zona PPKM di Sumut Ilustrasi. Bioskop Empire XXI di Jalan Urip Sumoharjo, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, mulai beroperasi pada Senin (26/10/2020). IDN Times/Tunggul Damarjati

Untuk level 3 dan 2, Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan mal akan beroperasi mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Jumlah pengunjung dibatasi maksimal hanya 50 persen dari total kapasitas. Hal ini untuk menekan potensi penularan covid-19 di area mal juga diterapkan aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, bioskop juga sudah dapat beroperasi. Namun, kapasitas dibatasi maksimal 50 persen.

Baca Juga: Wali Kota Bobby Sebut PPKM di Medan Berpeluang Turun Jadi Level 3

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya