Hadirkan Band Wali, Ramadan Fair 2019 Resmi Dibuka Wali Kota Medan

Warga tetap antusias meski hujan

Medan, IDN Times - Ramadan Fair 2019 di Jalan Masjid Raya, Kecamatan Medan Kota, resmi dibuka, Rabu (8/5) malam. Ramadan Fair tahun ke-VI ini diresmikan Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin. 

Acara pembukaan itu diramaikan warga kota Medan yang tetap antusias meski diguyur hujan. Acara pembukaan berlangsung sekira pukul 21.30 WIB, tapi warga dari berbagai penjuru sudah berdatangan sejak pukul 18.00 WIB sekaligus menunggu waktu berbuka puasa di Ramadhan Fair.

Pantauan IDN Times di lokasi, ribuan warga memadati stan-stan makanan dan produk-produk UKM yang disediakan panitia acara. Sekira pukul 21.40 WIB, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin beserta rombongan tiba di lokasi acara pembukaan.

Baca Juga: Asyiknya Rebutan Bubur Para Raja di Masjid Raya Al Mashun 

1. Ramadan Fair tahun ini diharapkan menjadi tempat menambah nilai ibadah

Hadirkan Band Wali, Ramadan Fair 2019 Resmi Dibuka Wali Kota MedanIDN Times/Fadli Syaputra

Dzulmi Eldin mengatakan, Ramadan Fair ke XVI ini diharapkan agar masyarakat Kota Medan yang menjalankan ibadah puasa memanfaatkan fasilitas makanan dan minuman yang ada di Ramadan Fair. Di samping itu, ia juga mengajak masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan cara mengikuti lomba yang dibuat panitia seperti tahtim Alquran dan perlombaan-perlombaan lainnya.

"Tujuannya untuk meningkatkan rasa ketaqwaan bagi anak-anak dan remaja kita agar bisa terus meningkat keimanannya di bulan Ramadan ini," kata Dzulmi Eldin kepada wartawan sebelum acara peresmian Ramadan Fair ke XVI.

2. Ramadan Fair tahun ini juga diharapkan menjadi tempat bagi masyarakat untuk bersilaturahmi

Hadirkan Band Wali, Ramadan Fair 2019 Resmi Dibuka Wali Kota MedanIDN Times/Fadli Syaputra

Selain itu, sambung Eldin, Ramadan Fair tahun ini juga diharapkan menjadi tempat silaturahmi bagi masyarakat. Dan bisa memberikan motivasi untuk UMKM agar terus saling berbagi dengan cara menjajakan keahlian ataupun masakannya untuk dinikmati oleh masyarakat.

" Ya tentunya dengan membeli makanan dan minuman yang disediakan di sini," ujar Eldin.

3. Dzulmi Eldin menegaskan untuk stan-stan yang disediakan tidak dipungut biaya

Hadirkan Band Wali, Ramadan Fair 2019 Resmi Dibuka Wali Kota MedanIDN Times/Fadli Syaputra

Ketika disinggung apakah stan-stan yang disediakan dipungut biaya apa tidak, Eldin menegaskan bahwa stan-stan yang ada di Ramadhan Fair tidak ada dijual belikan dan hanya diberikan cuma-cuma kepada UMKM. Karena itu, Eldin meminta kepada pedagang untuk tidak menaikkan harganya makanan dan minuman. Dia mengimbau pedagang untuk mengikuti harga yang sudah ditentukan oleh panitia.

"Ini adalah bagian kita untuk mendorong tingkat ekonomi masyarakat agar tumbuh di Ramadan Fair ini," harap Eldin.

4. Eldin tegaskan pengunjung Ramadan Fair tidak ada dipungut biaya parkir

Hadirkan Band Wali, Ramadan Fair 2019 Resmi Dibuka Wali Kota Medan

Selain masalah harga stan, Eldin juga menegaskan bahwa tidak ada pengutipan parkir kepada para pengunjung Ramadan Fair. Eldin mengaku akan memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang coba-coba lakukan kutipan parkir liar.

"Tidak ada pengutipan parkir, nanti kita akan berikan sanksi kepada mereka yang mengutip, karena petugas kita sudah berjaga. Jadi kalau masih ada yang ngutip nanti kita tertipkan," tegas Eldin.

Pantauan IDN Times di lokasi setelah acara peresmian dilakukan masyarakat yang hadir dihibur dengan band Wali. Masyarakat tampak antusias untuk mengambil foto band asal Sumatera Barat yang akrab dengan lagu-lagu religi itu.

Baca Juga: Ramadan Fair Digelar untuk Pertama Kalinya di Kota Siantar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya