H-1 Pemilu, Caleg Gerindra Tertangkap OTT di Nias, Ini Kronologinya

Akan bagikan uang Rp20 ribu per orang kepada pemilih

Nias, IDN Times- Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kabupaten Nias yberhasil mengamankan Caleg DPRD Provinsi Sumatera Utara, Damili R Gea berserta tiga orang anggotanya karena dugaan money politic, Selasa (16/4) dini hari.

Uang Rp60 juta yang diamankan dari dua sepeda motor yakni Rp20 juta dari motor Meliedi Harefa dan Kesaktian Telaumbanua serta Rp40 juta dari sepeda motor Fatolosa Lase.

1. Awalnya polisi menguntit sepeda motor yang mencurigakan keluar dari Posko Relawan

H-1 Pemilu, Caleg Gerindra Tertangkap OTT di Nias, Ini KronologinyaIDN Times/istimewa

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan melalui rilisnya, mengatakan, awalnya polisi melakukan penyelidikan karena adanya informasi soal aktivitas money politic di Posko Relawan pemenangan Damili. Setelah berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Gunungsitoli, selanjutnya Personil Sat Reskrim Polres Nias mengikuti satu unit sepeda motor yang keluar dari Posko Relawan.

Dua lelaki berboncengan bernama Meliedi Harefa dan Kesaktian Telaumbanua alias Kesa itu dihentikan tim di Simpang Jalan Sisingamangaraja. Kemudian tim menggeledah sepeda motor dan dari joknya ditemukan satu blok uang sebesar Rp20 juta yang terdiri dari uang pecahan Rp20 ribu. 

"Setelah diinterogasi, pelaku mengaku uang tersebut diambil dari posko relawan caleg Propinsi Sumatera Utara atas nama Damili Gea. Uang tersebut diserahkan oleh laki-laki yang bernama Fatolosa Lase," jelasnya.

Baca Juga: [Breaking] OTT Money Politic di Nias, Caleg Gerindra Diamankan

2. Damili tak bisa mengelak

H-1 Pemilu, Caleg Gerindra Tertangkap OTT di Nias, Ini KronologinyaIDN Times/istimewa

Bersama kedua pria itu, tim Polres dan Bawaslu akhirnya mendatangi Kantor relawan, Damili R Gea. Tak bisa mengelak lagi, Damili mengakui benar ada menyerahkan uang kepada Fatolosa Lase sebesar Rp60 juta untuk dibagikan kepada masyarakat untuk memuluskan pemilihan dirinya sebagai caleg DPRD Sumut.

3. Ada 2400 calon pemilih yang akan dibagikan per orang Rp20 ribu

H-1 Pemilu, Caleg Gerindra Tertangkap OTT di Nias, Ini KronologinyaIDN Times/istimewa

Polisi akhirnya melakukan pengejaran terhadap Fatolosa Lase yang akhirnya berhasil ditangkap saat mengendarai sepeda motor. Dari Fatolosa diamankan uang sebesar Rp40 juta. 

Dari pengakuan Fatolosa, uang tersebut dipergunakan untuk pemenangan Damili Gea sebagai Caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara pada Pemilu tanggal 17 April 2019. Uang tersebut akan dibagikan dengan jumlah pemilih sebanyak 2.400 orang. Besar uang yang akan dibagikan itu sebesar Rp20 ribu per orangnya dengan total Rp48 juta, sedangkan Rp.12 juta untuk uang minyak tim yang bekerja di lapangan.

4. Pemilih yang akan dibagi di dua kecamatan

H-1 Pemilu, Caleg Gerindra Tertangkap OTT di Nias, Ini KronologinyaANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Selain itu turut diamankan kwitansi tanda terima uang, catatan jumlah pemilih setiap desa di wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur, daftar nama – nama pemilih pasti di wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur, 1 buah Laptop berwarna emas, dan satu printer. 

Selanjutnya empat orang itu termasuk Damili R Gea beserta barang bukti dibawa ke Polres Nias untuk dilakukan interogasi awal dan selanjutnya akan diserahkan ke Bawaslu Kota Gunungsitoli. 

5. Damili merupakan Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi di Nias

H-1 Pemilu, Caleg Gerindra Tertangkap OTT di Nias, Ini KronologinyaIDN Times/istimewa

Damili R Gea merupakan caleg DPRD Sumatera Utara untuk daerah pemilihan 8 yang meliputi Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, dan Kabupaten Nias Selatan.

Selain itu Damili juga tercatat sebagai Ketua Tim Pemenangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandi se-Kepulauan Nias.

Baca Juga: [BREAKING] Wakil Bupati Paluta yang Ditangkap Ketua DPD Gerindra

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya