Comscore Tracker

5 Fakta Juliadi, Wali Kota Binjai Terpilih yang Meninggal Dunia

Meninggal karena COVID-19

Medan, IDN Times- Kabar mengejutkan hadir dari Binjai. Wali Kota terpilih Juliadi dikabarkan meninggal dunia, Selasa (10/2/2021) malam. Sebelumnya Juliadi dirawat di Rumah Sakit Bunda Thamrin Medan, rumah sakit rujukan COVID-19.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai Sugianto. "Benar beliau (Juliadi) meninggal dunia.
Sebelumnya dirawat karena COVID-19," kata Sugianto.

Bila kamu yang belum tahu, ini 5 fakta soal almarhum Juliadi, wali kota Binjai terpilih.

1. Juliadi berlatar belakang pengusaha

5 Fakta Juliadi, Wali Kota Binjai Terpilih yang Meninggal DuniaJuliadi-Amir Hamzah paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai (Dok.IDN Times/istimewa)

Juliadi adalah politisi kelahiran Tandam, 19 Juli 1975. Juliadi punya 3 orang anak dari pernikahannya dengan Julianti. Dia merupakan alumni S2 Universitas Islam Sumatra Utara. Juliadi berlatar belakang seorang pengusaha.

2. Kader Golkar tulen sejak dulu

5 Fakta Juliadi, Wali Kota Binjai Terpilih yang Meninggal DuniaPaslon Juliadi dan Amir Hamzah, saat mendatangi kantor KPU Binjai (IDN Times/ istimewa)

Juliadi adalah politisi partai Golkar sejak dulu. Saat maju di Pilkada 2015 ada hal unik karena Golkar yang terbagi dua kubu mendukung paslon berbeda.

Golkar kubu Agung Laksono mendukung Juliadi, sementara Golkar kubu Abu Rizal Bakrie mendukung Idaham-Timbas.

Baca Juga: [BREAKING] Wali Kota Binjai Terpilih Juliadi Meninggal Dunia

3. Juliadi kalah di Pilkada 2015

5 Fakta Juliadi, Wali Kota Binjai Terpilih yang Meninggal DuniaWalikota Binjai H M Idaham, saat memberikan keterangan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Keikutsertaan Juliadi di Pilkada 2020 ini adalah yang kedua. Sebelumnya dia kalah saat berpasangan dengan Muhammad Tulen. Juliadi-Tulen kalah dari Muhammad Idaham-Timbas Tarigan.

Saat itu Juliadi diusung PDI Perjuangan dan Partai Amanat Nasional serta didukung Golkar versi Agung Laksono. Sementara Idaham-Timbas diusung Demokrat, Golkar versi Abu Rizal Bakrie dan PKS.

4. Pilkada 2020, Juliadi-Amir membalas kekalahan dengan menumbangkan istri petahana

5 Fakta Juliadi, Wali Kota Binjai Terpilih yang Meninggal DuniaJuliadi (kiri) saat ikut Pilkada Binjai (Dok.IDN Times/istimewa)

Di Pilkada 2020, Juliadi menggandeng Amir Hamzah. Mereka diusung Golkar, PPP, Partai Demokrat. Selain itu juga diusung Perindo, dan PSI. Mereka mengalahkan Rahmat Sorialam Harahap - Usman  Jakfar dan Lisa Andriani Lubis - Sapta Bangun SE.

5. Dirawat karena COVID-19 sejak 30 Januari

5 Fakta Juliadi, Wali Kota Binjai Terpilih yang Meninggal DuniaWali Kota Binjai Terpilih Juliadi semasa hidupnya (Sumber: Facebook)

Juliadi meninggal dunia di RS Bunda Thamrin sekitar pukul 22.44 WIB di ruang ICU di RS Bunda Thamrin. Dia sudah dirawat sebagai pasien Covid-19 selama sebelas hari dari tanggal 30 Januari.

Sebelumnya dia berhalangan hadir saat Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai resmi menetapkan pasangan Juliadi-Amir sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai terpilih periode 2021-2024 21 Januari 2021 silam.

Baca Juga: [BREAKING] COVID-19, Wali Kota Binjai Terpilih Langsung Dimakamkan 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya