Effendi Simbolon: Samosir akan Jadi Destinasi Wisata Premium

Berbagai kegiatan seni dan budaya di HUT ke-20 Samosir

Medan, IDN Times- Samosir menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang jadi sorotan. Keberadaan Danau Toba di sekitarnya yang ditetapkan pemerintah menjadi destinasi super prioritas membuat Samosir juga turut berkembang dan maju.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI), Dr Effendi Muara Sakti Simbolon saat perayaan hari jadi ke-20 Kabupaten Samosir yang dipusatkan di Waterfront City Pangururan, Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

“Kemajuan demi kemajuan sudah dirasakan. Ke depan perlu kerja sama semua pihak, khususnya masyarakat,” kata Effendi, Selasa (27/2/2024).

1. Waterfront City Pangururan merupakan salah satu bentuk kemajuan Samosir.

Effendi Simbolon: Samosir akan Jadi Destinasi Wisata PremiumKetua PSBI Effendi Simbolon saat hadiri HUT ke-20 Kabupaten Samosir (Dok.Istimewa)

Effendi menilai, Waterfront City Pangururan merupakan salah satu bentuk kemajuan Samosir. Pembangunannya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), karena Danau Toba merupakan 1 dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia.

“Ini akan jadi daerah destinasi premium. Ini saya kira PR (Pekerjaan Rumah) yang harus kita emban bersama, khususnya Forkopimda dan DPRD bisa bersinergi bisa mendapat anggaran lebih besar,” sebutnya.

Khusus para kepala desa di Samosir, Effendi berpesan untuk terus bekerja sebaik mungkin. Sebab, dana desa bisa digunakan untuk membangun desa di Samosir.

“Juga, saya kira Pak Martin (Manurung) dan Pak Lamhot (Sinaga), anggota DPR RI akan terus memperjuangan aspirasi daerah kita ini, Samosir,” ucapnya.

2. Pengelolaan air bersih harus sudah ada di Samosir.

Effendi Simbolon: Samosir akan Jadi Destinasi Wisata PremiumKetua PSBI Effendi Simbolon saat hadiri HUT ke-20 Kabupaten Samosir (Dok.Istimewa)

Effendi juga menekankan pentingnya pengelolaan air bersih dan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum). Hal ini agar permasalahan air tak lagi terjadi.

“Tapi ironis, sebagian besar warga kita terhambat mandi karena tidak ada air bersih, bahkan air minum juga,” ujarnya.

Effendi juga berpesan kepada pemerintah kabupaten Samosir khussnya Bupati Samosir, Vandiko T Gultom, dan Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang untuk memerhatikan kesejahteraan warga dan taraf kemiskinan.

“Jangan malu-malu sampaikan ke pusat. Jangan karena slogan kita (Samosir) 'Negeri Indah Kepingan Surga', malu untuk menyampaikan kekurangan yang ada. Jangan, sampaikan saja,” sebutnya.

Vandiko sendiri merupakan salah satu bupati muda di Indonesia dengan berusia 32 tahun. Pemimpin-pemimpin muda terus lahir dan menunjukkan eksistensinya di Indonesia. “Era sekarang adalah eranya di bawah usia 40 tahun,” bebernya.

3. Berbagai kegiatan seni dan budaya di Hari Jadi Samosir

Effendi Simbolon: Samosir akan Jadi Destinasi Wisata PremiumKetua PSBI Effendi Simbolon saat hadiri HUT ke-20 Kabupaten Samosir (Dok.Istimewa)

Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir kali ini mengangkat tema “Lanjutkan Sinergitas untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat”. Perayaannya dirangkai dengan launching Calender of Events 2024 bertema “Horas Samosir Fiesta”. Dikemas dengan berbagai kegiatan seni dan budaya. Effendi Simbolon mengatakan, identitas dan jati diri tidak boleh hilang di tengah kemajuan yang ada saat ini.

“Kalau saya, saya kira itu saja. Saya senang mendengar musik-musiknya, ada kemajuan, identitas tetap harus dijaga. Semaju apapun bangsa, identitas harus dijaga. Samosir adalah asal mula orang Batak,” tegasnya.

Sementar aitu Bupati Samosir, Vandiko, meyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan perhatiannya kepada Kabupaten Samosir, terutama pihak-pihak seperti PSBI, Pemerintah Provinsi, dan lain-lainnya.

“Kami harapkan di 2024 ini Samosir juga mendapatkan perhatian yang sama. Untuk Calender of Events 2024 saya nyatakan resmi dimulai, horas, horas, horas,” ungkapnya.

Diterangkan Vandiko, event pertama dari Calender of Events 2024 Samosir adalah Opera Batak, Pagelaran Seni Budaya, Solu Bolon, dan Samosir Music International. “Ayo, mari datang ke Samosir,” ajaknya.

Baca Juga: Mengintip Marianna, Resort Bintang 5 Pertama di Samosir

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya