Comscore Tracker

Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Stasiun Kereta Api Medan

Obat juga disediakan tanpa bayaran

Medan, IDN Times - PT KAI Divre I Sumatera Utara menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Stasiun Kereta Api Medan guna penumpang arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut dilakukan pada Senin 30 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020 mendatang.

Manajer Humas KAI Divre I SU Muhammad Ilud Siregar bersama unit kesehatan PT KAI (Persero) Divre I SU melaksanakan pelayanan kesehatan gratis kepada penumpang yang berpergian menggunakan kereta Api masa Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

1. Penumpang antusias memeriksakan kesehatannya

Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Stasiun Kereta Api MedanPetugas memeriksa kondisi kesehatan penumpang kereta api di stasiun Medan (IDN Times/Yurika Febrianti)

Ilud mengatakan dengan kegiatan ini diharap penumpang bisa melalui perjalanan dengan sehat. "Kegiatan ini adalah satu bagian dari kita dalam hal meningkatkan pelayanan kita kepada penumpang kita dengan tujuan penumpang kita di perjalanan dalam keadaan sehat walfiat lancar dalam perjalanannya," tutur Ilud.

"Antusias hari ini kita lakukan pembukaan pelayanan kesehatan, Alhamdulillah penumpang kita langsung datang ke pelayanan yang disediakan unit kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Baca Juga: Gubernur Edy Rahmayadi Pengin ada Pojok Buku di Stasiun Kereta Api 

2. Berbagai pemeriksaan kesehatan tidak dipungut biaya

Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Stasiun Kereta Api MedanManajer Humas KAI Divre I SU Muhammad Ilud Siregar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Layanan tersebut hadir di Ruang Tunggu Stasiun Kereta Api Medan. Melalui announcer di Stasiun, para penumpang diimbau untuk dapat mengikuti layanan pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma tersebut.

Unit pelayanan kesehatan PT KAI (Persero) Divre I SU Dr. Donni Fitra Yogi pelayanan kesehatan yang dilayani meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat, pengukuran berat badan, dan konsultasi medis serta pemberian multi vitamin.

"Dengan harapan dengan adanya penumpang yang sakit yang terpaksa harus jalan tapi tidak sempat untuk berobat tapi kita layani disini," harapnya.

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan tambahan setelah sebelumnya Stasiun telah menyediakan Pos Kesehatan Gratis bagi penumpang di Stasiun dan Posko Kesehatan. KAI Divre I SU juga menyediakan Ruang Ibu Menyusui dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan tersebut.

3. Pelayanan kesehatan hanya pemberian obat

Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Stasiun Kereta Api MedanSuasana Stasiun Kereta Api Medan saat Natal dan Tahun Baru (IDN Times/Yurika Febrianti)

Dengan mengadakan kegiatan ini, KAI Divre I SU juga bisa mengantisipasi penumpang yang dalam kondisi kurang sehat atau tidak layak untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Karena untuk melakukan perjalanan jauh, penumpang memerlukan kondisi tubuh yang sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

"Kita hanya melayani pemeriksaan rutin, kolesterol tinggi kita kasih obat, gula darahnya tinggi kita kasih obat, jadi ini hasil pemeriksaan kita pemberian obat, hanya sampai sebatas itu saja," tutupnya

KAI Divre I SU juga memiliki Klinik Mediska yang lokasinya dekat dengan stasiun dan telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA. Tujuannya untuk melayani penumpang yang sakit atau dalam kondisi gawat darurat dan kemudian harus dirujuk ke rumah sakit.

Baca Juga: Selama Nataru, PT KAI Sumut Sediakan 9 Kereta untuk Optimalisasi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya