Resmikan Tol Binjai-Stabat, Jokowi: Akan Bantu Ekonomi dan Pariwisata

Jokowi juga sapa pedagang di Pasar Kebun Lada Binjai

Langkat, IDN Times - Serangkaian kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) dilakukan Presiden Republik Indonesia, Joko 'Jokowi' Widodo di Sumatra Utara. Dari Karo, Jokowi bertolak ke Binjai dan Langkat, Sumatra Utara. 

Dengan menggunakan helikompter, Presiden Joko Widodo, tiba di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, guna meresmikan pengoperasian jalan tol Trans Sumatera, Binjai - Langsa seksi I, Binjai - Stabat, Jum'at (4/2/22).

Jalur sepanjang 11,8 km ini menjadi bagian dari Tol Medan-Aceh dan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang akan menyambungkan jalur tol Lampung dan Aceh.

 

 

1. Pembangunan jalan tol diharapkan dapat tingkatkan perekonomian masyarakat

Resmikan Tol Binjai-Stabat, Jokowi: Akan Bantu Ekonomi dan PariwisataPresiden Jokowi meresmikan Tol Binjai-Stabat, Jumat (4/2/2022) (YouTube/Sekretaris Presiden)

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan kalau jalan Tol Binjai-Stabat  ini nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Sebab, akses di kawasan tersebut sangat mudah untuk dilalui, dengan adanya jalur tol ini.

"Pembangunan jalan tol ini nantinya akan menghubungkan Sumatera Utara dan Aceh. Bahkan nanti dapat menyambung dari Lampung menuju Provinsi Aceh," bebernya.

"Jalan tol ini jika dihubungkan dengan sentra-sentra produksi seperti itu, dihubungkan dengan kawasan pariwisata, dihubungkan dengan kawasan pertanian perkebunan dan jalannya semulus ini, struktur biaya dalam harga di komoditas itu menjadi sangat kompetitif," kata Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jalan nasional yang tersambung antar provinsi ini, akan menghubungkan sentra produksi di daerah dan ini sangat memiliki potensi besar dan peluang usaha baru bagi warga yang berada disekitarnya.

"Contoh kecil seperti di Tanah Karo, disana itu terkenal dengan sentra jeruknya. Seandainya jalan tol ini dihubungkan ke daerah seperti ini, pasti dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Harga jual jeruk pasti semakin meningkat," terangnya.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Kampung yang Bawa Jeruk 3 Ton ke Istana

2. Sektor ekonomi hingga pariwisata akan mendapatkan dampaknya

Resmikan Tol Binjai-Stabat, Jokowi: Akan Bantu Ekonomi dan PariwisataTol Binjai-Stabat akan diresmikan Presiden Jokowi, Rabu (2/2/2022) (YouTube/Hutama Karya)

Selain itu kawasan pariwisata juga akan mendapatkan dampak positif karena akses yang cepat. Wisatawan akan mudah datangi tempat-tempat wisata di Binjai-Langkat.

"Ini dapat banyak membantu akses, salah satunya akses ke kawasan wisata seperti Bukit Lawang Ecotourist Bahorok, kawasan wisata Tangkahan,  kawasan wisata religi Tuan Guru Babussalam dan dapat meningkatkan ekonomi sektor pertanian, perikanan dan perkebunan serta lainnya," kata Jokowi.

Sementara Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyebut dengan diresmikannya tol Binjai-Stabat ini akan menghemat perjalanan dari Medan-Stabat yang kini menjadi 45 menit dari 2,5 jam. Sebaliknya warga Stabat yang akan ke Bandara Kualanamu juga lebih cepat. Dari 3 jam hingga menjadi 1 hingga 2 jam.

3. Jokowi beri bantuan BLT di Pasar Kebun Lada Binjai

Resmikan Tol Binjai-Stabat, Jokowi: Akan Bantu Ekonomi dan PariwisataPresiden Jokowi kunjungi Pasar Kebun Lada Binjai, Jumat (4/2/2022) (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Usai meresmikan jalan tol Binjai - Stabat, Presiden Jokowi bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kota Binjai, Sumatera Utara. Kunjungan pertama kali dilakukan di Pasar Pagi Kebun Lada, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Dalam kunjungan, Jokowi langsung menyapa pedagang yang ada di Pasar Pagi untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT).

Selain itu, Jokowi juga membagikan baju yang bertuliskan "Jokowi" kepada sejumlah warga masyarakat yang dari tadi pagi menunggu kedatangannya.

Terlihat di lokasi, puluhan petugas Paspampres, TNI dan Polri berjaga di lokasi dan berbaris membentuk pagar betis untuk menghalau warga yang mencoba masuk.

Usai menyapa masyarakat dan pedagang, kemudian Presiden Jokowi masuk ke dalam mobil untuk melanjutkan salat Jumat di Masjid Mako Brimob Binjai, Jalan Soekarno - Hatta dan dilanjutkan makan siang di rumah makan Punokawan Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Sumut sebelum kembali ke Medan dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Baca Juga: Jelang Peresmian Tol Binjai-Stabat, Warga Demo Ingin Jumpa Jokowi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya