Ini 3 Lokasi Pos Penyekat Arus Mudik di Perbatasan Langkat

Masyarakat dilarang mudik lebaran

Langkat, IDN Times - Mendekati hari raya Idulfitri 1442 Hijriah, Polres Langkat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral oprasi ketupat toba 2021, di Aula Wirasatya Polres Langkat, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Senin (26/4/2021).

Dalam rakor, berbagai permasalahan dibahas. Di antaranya pesiapan pengamanan idul fitri 1442 H di wilayah hukum Polres Langkat, di masa pandemik COVID-19.

1. Fokus dalam mengantisipasi klaster baru penyebaran COVID-19

Ini 3 Lokasi Pos Penyekat Arus Mudik di Perbatasan LangkatRakor pengamanan dan pendirian pos penyekat arus mudik hari Raya Idul fitri (IDN Times/ istimewa)

Kapolres Langkat AKBP Edy Suranta Sinulingga menjelaskan, selain mengamankan di wilayah hukum Polres Langkat, dari aksi tindak pidana kriminalitas. Dalam rapat kali ini, pihak kepolisian memfokus operasi menekan kemungkinan penyebaran COVID-19 saat suasana mudik lebaran.

"Kita harus tetap fokus mengantisifasi akan munculnya klaster baru penyebaran COVID-19. Karena tidak menutup kemungkinan akan banyak kerumunan saat hari H nanti. Untuk itu, diharapkan masyarakat tetap mematuhi prokes," kata Edy Suranta.

Baca Juga: Soal Larangan Mudik, Gubernur Edy: Bisa Silaturahmi Virtual

2. Dirikan 3 pos penyekat di perbatasan Aceh, Binjai dan Langkat

Ini 3 Lokasi Pos Penyekat Arus Mudik di Perbatasan LangkatGunakan mobil ambulans dan truk, Gojek Medan berkeliling ke posko-posko mitra untuk membagikan paket berisi masker, antiseptik dan vitamin kepada para mitranya di 30 titik kota Medan hingga Binjai (IDN Times/Dok. Istimewa)

Pada operasi ini, jelas dia, Polres Langkat akan membuat pos penyekatan di 3 titik lokasi pintu masuk mudik. Ketiga pos yang akan didirikan yaitu di perbatasan Aceh di Besitang, di Sei Karang dan Kwala Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

"Tiga titik ini merupakan pintu masuk pemudik, baik dari wilayah Aceh ke Langkat dan sebagai perbatasan Kecamatan Binjai dan Kecamatan Stabat. Pada operasi ini, kita melibatakan unsur TNI/Polri dan Pemkab Langkat," tambah Edy.

3. Patuhi protokol kesehatan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Ini 3 Lokasi Pos Penyekat Arus Mudik di Perbatasan LangkatRakor pembahasan arus musik hari Raya Idul Fitri 1442 H (IDN Times/ istimewa)

Di sisi lain Wakil Bupati Langkat (Wabup) Syah Affandim menyatakan, pada dasarnya Pemkab Langkat, siap bekerja sama dengan Polres Langkat dalam pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idulfitri nantinya. 

Menurutnya, pihak Pemkab Langkat telah mempersiapkan Instansi terkait seperti Dinkes, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pariwisata, Diskominfo, Dinas PU PR dan instansi terkait lainnya.

"Kepada masyarakat, kami berharap dapat mematuhi segala keputusan pemerintah untuk tidak mudik. Langkah ini untuk kebaikan bersama dimasa pemdemi COVID-19. Jangan lupa, patuhi juga aturan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan," tegas dia.

Rapat ini melibatkan pihak Kodim 0203/LKT  Kapten Inf.Iroma Harahap, Polres, hingga MUI dan FKUB Langkat.

Baca Juga: Gubernur Edy Minta Langkat Perketat Pengawasan Pintu Masuk Mudik

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya