Comscore Tracker

Cegah Virus Corona, Binjai Bentuk Tim Pokja dan Siapkan Ruang Isolasi

Berkoordinasi dengan seluruh unsur pemerintahan

Binjai, IDN Times - Virus Corona telah mewabah ke berbagai penjuru dunia. Termasuk kasusnya sudah ditemukan di Indonesia.

Guna mengantisipasi agar tidak menyebar, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo sudah menunjuk 100 rumah sakit di seluruh Indonesia untuk bisa menangani pasien corona.

Selain itu seluruh daerah diminta melakukan upaya pencegahan. Seperti di Kota Binjai, dimana Pemerintah Kota (Pemko) Binjai melakukan upaya pencegahan penularan virus corona dengan membentuk tim kelompok kerja (Pokja) dan membuat ruangan isolasi di RSU Djoelham.

1. Bentuk tim Pokja dan disebar ditempat pelayanan kesehatan

Cegah Virus Corona, Binjai Bentuk Tim Pokja dan Siapkan Ruang IsolasiIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai dr Sugianto didampingi Kabid P2P dr Indra mengatakan, tim yang sudah dibentuk langsung bekerja dengan membiat SOP dan disebarkan ke setiap tempat pelayanan kesehatan. "Tim pokja ini diketuai langsung Kabid P2P dr Indra," beber dr Sugianto, Selasa (3/3) siang.

Diungkapkan dr Sugianto, tim Pokja ini dibentuk saat virus corona masih berkembang di luar negeri. "Saat itu saya laporan ke Pak Wali terkait corona. Lantas Pak Wali instruksikan untuk membentuk pokja," ungkapnya.

Baca Juga: Buat Terobosan, Warga Korsel Bisa Tes Virus Corona Lewat Drive Thru

2. Beri penjelasan ke masyarakat tentang gejala virus corona

Cegah Virus Corona, Binjai Bentuk Tim Pokja dan Siapkan Ruang IsolasiIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Reja Gussafyn)

Pokja yang dibentuk, lanjut dr Sugianto, sudah berkoordinasi dengan TNI, Polri, bahkan BIN. "Kami juga sudah koordinasikan ke pihak imigrasi. Jika ada warga luar yang hendak masuk ke Binjai, untuk dikonfirmasikan kondisi kesehatannya," ujar dr Sugianto.

Lebih lanjut dikatakan dr Sugianto, tim pokja juga memasang banner di sejumlah titik. Banner yang dipasang menjelaskan apa gejala dan bagaimana pencegahan virus corona.

"Agar dapat terhindar masyarakat harus tetap hidup bersih, laksanakan gotong royong dan olahraga. Di samping itu, kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat untuk dapat deteksi dini corona. Jika tidak ada urusan penting, masyarakat diharapkan untuk menunda berpergian ke luar negeri," urainya.

3. Buat ruang isolasi di RSUD Djoelham

Cegah Virus Corona, Binjai Bentuk Tim Pokja dan Siapkan Ruang IsolasiIDN Times/Sukma Shakti

Ditambahkan dr Sugianto, tim pokja juga sudah meminta pihak RSU Djoelham membuat ruangan isolasi. "Jika ada ditemukan pasien dengan suspect corona, kami sudah minta untuk segera dilaporkan. Setelah itu bisa ditindak lanjuti dengan mengirim pasien ke RSUP Adam Malik," papar dr Sugianto.

Sementara itu, banner yang disebar tim pokja salah satunya berada di ruang lobi Pemko Binjai. Pada banner itu dituliskan pencegahan virus corana.

Di antara pencegahan virus corona itu, yakni cuci tangan pakai sabun, gunakan masker jika batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang, perbanyak konsumsi sayur dan buah, dan bila batuk serta sesak nafas disarankan langsung memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

Baca Juga: 5 Gebrakan Bank Indonesia Hadapi Dampak Virus Corona 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya