Wali Kota Siantar Jadi Pembicara Indonesia-China Smart City Expo 2023

Susanti sambut baik Investasi Cina bangun Smart City Siantar

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA didaulat menjadi salah satu pemateri dalam rangkaian acara Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan INTI Pusat di Hotel Shangri La, Jakarta, mulai 24-26 Mei 2023.

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA, Jum’at (26/05/2023), bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjadi Pemateri Smart City Inovation Development Talkshow.

Memulai perbincangan, Wali Kota dr Susanti memberikan paparan tentang profil umum dan potensi-potensi pengembangan ekonomi dan iklim investasi Daerah Kota Pematang Siantar.

Wali Kota dr Susanti mengaku sangat bangga diundang pada acara Smart City Technology & Investmen Expo 2023 sebagai salah satu Indikator Kemajuan Kota Pematang Siantar.

Baca Juga: Geliat Kaum Ibu Pembuat Opak, Bersaing di Tengah Gempuran Mesin

1. Angka Harapan Hidup Kota Pematang Siantar merupakan yang tertinggi di Sumut

Wali Kota Siantar Jadi Pembicara Indonesia-China Smart City Expo 2023Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menjadi salah satu pemateri dalam rangkaian acara Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 (Dok. IDN Times)

Paparan Ekonomi Makro dan Mikro Pematang Siantar dikupas Wali Kota dr Susanti dalam panel talkshow.

“Dari Tahun 2022 Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Pematang Siantar naik 2,22% namun masih dibawah capaian Provinsi dan Nasional. Lapangan usaha utama yaitu: Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor 26,79% ; Industri Pengolahan sebesar 20,38%; serta Konstruksi sebesar 10,38%. Peranan ke tiga lapangan usaha tersebut mencapai 56,91% terhadap total PDRB Pematang Siantar. Dari Tahun 2018 sampai dengan 2022, Indeks Pembangunan Manusia Kota Pematang Siantar masih lebih tinggi dibandingkan tingkat Provinsi dan Nasional,” tuturnya.

Dari tahun 2018 sampai 2022, Angka Harapan Hidup Kota Pematang Siantar merupakan yang tertinggi di Provinsi Sumatera Utara, hal ini dicapai dari ketersediaan sarana kesehatan, tenaga medis dan kualitas lingkungan yang masih baik di Kota Pematang Siantar.

Pada Tahun 2022 Harapan Lama Sekolah dan Rata-Rata Lama Sekolah menempati urutan kedua di Provinsi Sumatera Utara, menunjukkan bahwa permasalahan akses pendidikan telah teratasi di Kota Pematang Siantar.

Pada tahun 2022 tingkat daya beli masyarakat yang disesuaikan Kota Pematang Siantar sebesar 12,744 juta pertahun dan berada di atas level Provinsi Sumatera Utara dan Nasional.

2. Siantar sangat terbuka dan layak sebagai tujuan Investasi

Wali Kota Siantar Jadi Pembicara Indonesia-China Smart City Expo 2023Ilustrasi Smart City (Dok. Fastcompany.net)

Pada Tahun 2022 Kota Pematang Siantar berhasil menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 1,64% atau 2,775 Orang. Pada Tahun 2022 Kota Pematang Siantar berhasil menurunkan Tingkat Kemiskinan sebesar 0,64 % atau 1,530 Orang.

Pada Tahun 2022 Kota Pematang Siantar berada pada ketimpangan sedang, yang artinya tidak terdapat kesenjangan yang besar terhadap distribusi pendapatan ekonomi masyarakat Kota Pematang Siantar (0,321 ≤ 0,4 : ketimpangan sedang).

Wali Kota dr Susanti juga memaparkan outlook Investasi di Kota Pematang Siantar mulai dari pengelolaan persampahan, pembangunan instalasai pengolahan lumpur tinja, pusat perdagangan, pusat kesehatan, pusat pendidikan, dan pusat kuliner dan pariwisata.

“Kami meyakini bahwa pembangunan Smart City akan menjadi tren ke depan di kota-kota Indonesia, terutama untuk Kota Pematang Siantar. Smart City (Kota Cerdas) yang membutuhkan sistem teknologi digital sebagai tulang punggung, menanggapi hal tersebut, Kami pemko pematang siantar melihat iklim dan indikator yang ada, sangat memungkinkan Kota Pematang Siantar sebagai target perkembangan Kota Cerdas, yang menjadi faktor pendorong masuknya Investasi di Kota Pematang Siantar,” terangnya.

Wali Kota dr Susanti menambahkan, adanya kegiatan ini, diharapkan mampu menciptakan sinergi dalam mengakselerasi Program Pemerintah untuk membangun kota cerdas, dan memberi peluang mendapatkan mitra terbaik dalam peningkatan Iklim Investasi.

Wali Kota dr Susanti menerangkan bahwa Kota Pematang Siantar sangat terbuka dan layak sebagai tujuan Investasi.

3. Persahabatan Indonesia-China dalam bilateral sudah terbangun sejak lama

Wali Kota Siantar Jadi Pembicara Indonesia-China Smart City Expo 2023Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menjadi salah satu pemateri dalam rangkaian acara Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 (Dok. IDN Times)

Sebelum menutup panel talkshow, Wali Kota dr Susanti menjelaskan bahwa persahabatan Indonesia-China dalam bilateral sudah terbangun sejak lama.

Kedua negara, katanya lagi, sepakat meningkatkan investasi di sektor-sektor strategis, seperti infrastruktur, teknologi, energi, pariwisata, perdagangan dan inovasi.

“Kami Pemko Pematang Siantar sangat mendukung penuh kebijakan dan arahan bapak Presiden Joko Widodo, dengan harapan adanya kegiatan Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 semakin memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan China, terutama untuk kemajuan dan kebangkitan Kota Pematang Siantar yang akan ikut menginisiasi Gerakan menuju 100 Kota Cerdas dan Pembangunan IKN,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membuka acara launching Indonesia Smart City Technology & Investment Expo 2023 yang digelar Kamis (16/3/2023) sekaligus mengungkapkan akan mengawal kemudahan investasi di Indonesia, termasuk terkait dalam pengembangan smart city.

Turut hadir saat acara, Ketua MPR RI Dr. H. Bambang Soesatyo, SE, MBA, Ketua Umum Perhimpunan INTI Pusat Teddy Sugianto, Ketua Panitia Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 Mayjen TNI (Purn) Ben Yura Rimba, Wakil Ketua Umum Perhimpunan INTI Pusat Tomi Wistan.

Baca Juga: Wali Kota Susanti Tinjau Progres Pembangunan Venue PON di Siantar

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya