Comscore Tracker

UKM Jurnalis dan PT TPL Latih Warga Kampung Sejahtera Membuat Sabun

Minya atisir bermanfaat menangkal virus COVID-19

Medan, IDN Times - UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) menggandeng PT Toba Pulp Lestari (TPL) untuk memperkenalkan tanaman Eucalyptus selaku tanaman untuk menghasilkan minyak atsiri yang bermanfaat menangkal virus COVID-19.

Pengenalan tanaman ini dilakukan di Kampung Sejahtera, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (27/2/2021).

1. Ajarkan warga cara pembuatan sabun berbahan minyak atsiri dengan alat tradisional

UKM Jurnalis dan PT TPL Latih Warga Kampung Sejahtera Membuat SabunProduk antivirus corona berbasis tanaman atsiri atau eucalyptus (Dok. IDN Times)

Selain mengenalkan Eucalyptus, masyarakat juga diajari cara menyuling minyak atsiri dengan menggunakan alat tradisional dan juga cara pembuatan sabun berbahan minyak atsiri dengan melibatkan kalangan praktisi pembuatan sabun berbahan alami.

"Kami berharap pengetahuan pembuatan sabun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di sini," kata Koordinator Humas Medan PT TPL, Dedy Armaya.

Ia menjelaskan, PT TPL dan UKM JBM akan menjadi pihak yang akan terus mendampingi masyarakat dalam memproduksi sabun tersebut. Pendampingan ini dilakukan sejak awal yakni mulai dari penanaman bibit Eucalyptus yang dilakukan sejak tahun lalu di Kampung Sejahtera, proses penyulingan minyak hingga membuat produk-produk turunan dari minyak eucalyptus tersebut.

"Bahkan untuk mencari pasarnya juga nanti akan kita bantu. Jadi kami minta agar masyarakat fokus saja memproduksi," ujarnya.

Baca Juga: Musim Kemarau, Ancaman Kebakaran Hutan di Sumut Tinggi

2. Berharap warga bisa mendapatkan penghasilan tambahan

UKM Jurnalis dan PT TPL Latih Warga Kampung Sejahtera Membuat SabunKoperasi Jurnalis Mandiri bikin sabun berbahan minyak Atsiri yang merupakan sulingan dari eucalyptus (Dok. IDN Times)

Hal yang sama disampaikan pengurus UKM JBM Fakhruddin Pohan. Mereka berharap agar masyarakat fokus saja memproduksi sabun bermanfaat tersebut, sebab ia yakin ini akan mampu menambah penghasilan masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk membantu masyarakat agar kita bersama-sama dapat mengembangkan kegiatan yang produktif seperti ini. Ini menjadi kegiatan awal karena selanjutnya masih akan ada pendampingan bahkan hingga mengurus berbagai perizinan-perizinan nantinya," ujarnya.

3. IPSN: Buatlah produk ini dengan kualitas yang tinggi

UKM Jurnalis dan PT TPL Latih Warga Kampung Sejahtera Membuat SabunProduk antivirus corona berbasis tanaman atsiri atau eucalyptus (Dok. IDN Times)

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Ikatan Pekerja Sosial Nasional (IPSN). Koordintor Wilayah I IPSN Erliyanto Harahap mengatakan siap mendukung agar kegiatan ini semakin berkembang.

"Apa yang dibutuhkan kami siap membantu. Termasuk memasarkannya hingga ke mancanegara. Tugas anda semua adalah buatlah produk ini dengan kualitas yang tinggi," pungkasnya.

Baca Juga: UKM Jurnalis Bina Mandiri Suplay Bibit Eucalyptus ke Kampung Sejahtera

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya