Comscore Tracker

Sunggal Dihantam Angin Puting Beliung, 32 Rumah Rusak

32 unit rumah rusak parah

Deli Serdang, IDN Times - Sebanyak 32 unit rumah milik warga di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin puting beliung pada Rabu (11/9) kemarin. Bahkan empat di antaranya tak bisa lagi dihuni pemilik rumah akibat peristiwa itu.

Sekretaris BPBD Deli Serdang Darwin Surbakti mengatakan, lokasi rumah yang rusak diterjang angin puting beliung pada umumnya berada di Desa Sunggal Kanan, Kecamatan Sunggal.

1. Di Desa Sunggal Kanan 28 unit rumah rusak

Sunggal Dihantam Angin Puting Beliung, 32 Rumah RusakDok. IDN Times/IStimewa

Dijelaskan Darwin, di Desa Sunggal Kanan ada sekitar 28 unit rumah yang diterjang angin puting beliung. Sedangkan dua rumah lainnya berada di Desa Medan Krio dan Desa Paya Geli.

"Jenis kerusakannya bervariasi, mulai dari rusak ringan hingga berat. Empat diantaranya rusak berat hingga tak bisa ditempati lagi," kata Darwin.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Lengkap Babak 10 Besar Liga 3 Zona Sumut

2. Pemkab Deliserdang melalui BPBD langsung memberikan bantuan tanggap darurat

Sunggal Dihantam Angin Puting Beliung, 32 Rumah RusakDok. IDN Times/IStimewa

Mengetahui kejadian itu, lanjut Darwin, Pemkab Deliserdang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung bergerak ke lokasi. Mereka melakukan assesment dan juga memberikan bantuan tanggap darurat berupa sembako dan kebutuhan lainnya.

"Selain itu, kita juga menurunkan relawan untuk membantu warga membersihkan kerusakan akibat bencana alam tersebut," ungkap Darwin.

3. Warga yang terdampak untuk sementara mengungsi di rumah tetangga

Sunggal Dihantam Angin Puting Beliung, 32 Rumah RusakDok. IDN Times/IStimewa

Untuk sementara, warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat akan diungsikan ke rumah tetangga untuk sementara waktu. Nantinya warga dan tim relawan memperbaiki rumah yang hancur supaya bisa segera ditempati.

"Dari sejarah tahun ke tahunnya, memang di kawasan Sunggal Kanan, dan Mencirim sering terjadi angin puting beliung," jelas Darwin.

Baca Juga: [BREAKING] Laga Pertama Jafri Sastra, PSMS Medan Kalahkan PSCS Cilacap

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You