Comscore Tracker

RPD Sumut Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Lapas I Tanjunggusta

IDI Sumut membagikan 2.500 masker untuk wargabinaan

Medan, IDN Times - Tim Relawan Peduli Disinfektan COVID-19 Sumatera Utara (RPD Sumut) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjunggusta Medan, Sabtu (10/10/2020). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di dalam Lapas.

Naik Suryanta M.Kes, Dokter Lapas I Tanjunggusta Medan mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepedulian tim medis Lapas untuk melindungi warga binaan dari penularan virus corona yang tengah mewabah.

"Saya beberapa hari lalu menghubungi teman saya, akhirnya bertemulah dengan tim Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Sumut. Mereka melakukan penyemprotan di seluruh Lapas untuk mencegah penyebaran COVID-19 di dalam Lapas," ujarnya.

Menurutnya hal ini penting dilakukan mengingat COVID-19 bisa menular dari siapa saja, baik orang di dalam Lapas atau dari tamu yang berkunjung.

Baca Juga: Demo Omnibus Law Ricuh, Jurnalis di Medan Dipaksa Hapus Foto Kekerasan

1. Pegawai dan wargabinaan tidak boleh kontak fisik

RPD Sumut Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Lapas I TanjunggustaKalapas Klas I Tanjunggusta Medan, Frans Elias Nico (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Kalapas Klas I Tanjunggusta Medan, Frans Elias Nico menjelaskan penyemprotan dilakukan ke seluruh ruangan dan blok yang ada di Lapas. Tim penyemprotan dibagi menjadi tiga tim, untuk menjangkau tiga gedung utama.

"Lapas memang rawan penyebaran COVID-19, apalagi cuaca seperti makanya kita jalankan protokol kesehatan ketat untuk wargabinaan dan pegawai. Kalau tamu kita gak terima, hanya titipan barang saja yang kita terima dan. Sejauh ini belum ada warga binaan yang terkena COVID-19" ujarnya.

Ia juga menjelaskan sejak penerapan protokol kesehatan beberapa bulan lalu, pegawai dan wargabinaan tidak boleh kontak fisik. Setiap hari wargabinaan juga diminta berjemur pagi hari dan diberikan vitamin secara rutin untuk memperkuat imun tubuh.

2. Penyemprotan kali ini menggunakan tiga kompresor dan 10 spray

RPD Sumut Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Lapas I Tanjunggustapixabay.com/geralt

Hendra Blu, Koordinator Penyemprotan RDP Sumut mengatakan kegiatan seperti ini sudah dilakukan sejak April lalu. Timnya sudah melakukan penyemprotan di lebih dari 1.000 titik di Kota Medan, Binjai, dan Deliserdang.

"Ketua Umum RDP, Musa Idianshah, hari ini meminta kami untuk datang kemari karena ada permintaan dari Lapas. Dalam penyemprotan kali ini kami menggunakan tiga kompresor dan 10 spray. Dibagi menjadi tiga tim untuk menyemprot tiga blok di Lapas," ungkapnya.

3. IDI Sumut juga membagikan 2.500 masker untuk wargabinaan

RPD Sumut Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Lapas I TanjunggustaArief Rahmat

Selain RPD Sumut, pada kesempatan yang sama, Ikatan Doktet Indonesia (IDI) Sumut juga membagikan 2.500 masker untuk wargabinaan.

Dokter Evandoni M.MKes selaku Ketua Pelaksana Gerakan Sejuta Masker di IDI Sumut mengatakan pembagian masker ini sebagai bagian dari program sejuta masker dari IDI Sumut bekerja sama dengan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

"Gerakan sejuta masker ini sudah digulirkan Gubernur Sumatera Utara ke seluruh kabupaten kota di Sumatera Utara untuk mencegah penyebaran virus corona. Jadi bapak ibu penghuni Lapas gak perlu khawatir, cukup ingat 3M: Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," jelasnya.

Di akhir kegiatan, Kalapas 1 Tanjunggusta Medan dan IDI Sumut memakaikan masker secara simbolis kepada perwakilan wargabinaan. Kemudian seluruh warga binaan diberikan masker dan vitamin oleh petugas Lapas.

Baca Juga: Gugus Tugas Razia, Terciduk Sejumlah WNA di Tempat Hiburan Malam

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya