PT Hari Sawit Jaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Bilah Hilir

PT HSJ rutin gelar CSR bidang kesehatan setiap tahun

Labuhanbatu, IDN Times – Salah satu bisnis unit Asian Agri, PT Hari Sawit Jaya (PT HSJ), mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. Kegiatan ini dilakukan di Desa Sei Tampang, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu pada hari Selasa (30/5/2023).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan di Simpang PT HSJ ini, dimulai sejak pukul 08.00-13.00 WIB. Warga antusias turut memeriksakan kesehatannya, apalagi kegiatan ini juga terbuka untuk masyarakat desa lainnya.

1. Berharap kegiatan ini berkelanjutan

PT Hari Sawit Jaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Bilah HilirPT Hari Sawit Jaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Bilah Hilir, Labuhanbatu. (Dok. IDN Times)

Kepala Desa Sei Tampang, Asmui mengucapkan terima kasih serta harapannya terhadap perusahaan dan masyarakat.

“Pemerintah Desa Sei Tampang sangat mendukung kegiatan yang diadakan oleh PT HSJ, kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Masyarakat dapat memeriksakan kesehatan secara gratis, berkonsultasi dalam upaya pencegahan penyakit yang lebih besar. Semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk memajukan kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar perusahaan,” ucapnya.

2. PT HSJ rutin gelar CSR bidang kesehatan setiap tahun

PT Hari Sawit Jaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Bilah HilirPT Hari Sawit Jaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Bilah Hilir, Labuhanbatu. (Dok. IDN Times)

Manager Kebun PT HSJ, Muammar Qadhafi Panjaitan menjelaskan bahwa salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki Perusahaan adalah bidang kesehatan.

“Sejak 2018, setiap tahunnya PT HSJ selalu melakukan Program CSR bidang kesehatan. Salah satunya seperti  kegiatan kali ini, perusahaan melakukan  pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga di desa di seputra perusahaan. Melalui kegiatan CSR ini masyarakat dapat memeriksakan kesehatannya, baik kolesterol, tekanan darah, asam urat, kadar gula dalam darah ataupun konsultasi dengan dokter. Selain itu, juga tersedia obat untuk penyakit-penyakit ringan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat terutama masyarakat Desa Sei Tampang,” kata Muammar.

Pada kegiatan tersebut, terdapat sekitar 40 orang yang memeriksakan kesehatannya. Sebahagian besar  dengan keluhan penyakit degeneratif seperti  hipertensi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan tokoh masyarakat Desa Sei Tampang.

3. Asian Agri bermitra dengan 30 ribu petani plasma di Riau dan Jambi

PT Hari Sawit Jaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Bilah HilirLanskap perkebunan sawit milik Asian Agri. (Dok. Asian Agri)

Asian Agri merupakan salah satu perusahaan swasta nasional terkemuka di Indonesia yang memproduksi minyak sawit mentah (CPO) sejak tahun 1979. Hingga kini Asian Agri mengelola 100.000 hektar kebun kelapa sawit dan mempekerjakan lebih dari 20.000 orang.

Sebagai perintis program Pemerintah Indonesia Perkebunan Inti Rakyat Transmigrasi (PIR-Trans), Asian Agri telah bermitra dengan 30.000 petani plasma di Riau dan Jambi yang mengelola 60.000 hektar kebun kelapa sawit, serta membina kemitraan dengan petani swadaya untuk membawa dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi petani.

Dengan menerapkan kebijakan tanpa bakar dan praktik pengelolaan kebun secara berkelanjutan, Asian Agri membantu petani mitra untuk meningkatkan produktivitas, hasil panen, kemamputelusuran rantai pasok, sekaligus mendukung mereka memperoleh sertifikasi. Pabrik Asian Agri menerapkan teknologi terbaik memanfaatkan energi hijau yang dihasilkan secara mandiri, dalam rangka meminimalisasi emisi gas rumah kaca.

Seluruh unit bisnis dalam naungan Asian Agri telah memperoleh sertifikat ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil). Saat ini perkebunan inti Asian Agri di Provinsi Sumatera Utara, Riau & Jambi serta perkebunan petani plasma di Provinsi Riau & Jambi telah 100% bersertifikat RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil). Pada saat yang sama, ISCC (International Sustainability & Carbon Certification) telah dicapai oleh seluruh kebun baik yang dimiliki oleh Asian Agri maupun petani binaannya.

Baca Juga: Dahnil Anzar Bawa Istri Naik Vespa Keliling Berastagi, Romantis Banget

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya