Comscore Tracker

Mengenal Sosok Zahir, Bupati Batubara dari Air Hitam

Zahir memiliki pengalaman di berbagai organisasi

Zahir adalah Bupati Batubara periode tahun 2018-2023 yang dilantik langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi atas nama Presiden Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.12354 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Sumatera Utara.

Zahir lahir di Air Hitam, Limapuluh, Batubara pada 29 Januari 1969 dan sekarang dia berusia 52 tahun. Dulunya dia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatra Utara periode 2014-2019 setelah itu dia menjabat menjadi Bupati Batubara yang menggantikan OK Arya karena tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi akibat tindak penyuapan. 

Saat ini Zahir menjabat sebagai Bupati Batubara yang terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan pada 2018 lalu.

Zahir dan Oky Iqbal Firma resmi dilantik di Aula Raja Inal Siregar (RIS) Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

1. Menimba ilmu magister di Medan

Mengenal Sosok Zahir, Bupati Batubara dari Air HitamZahir Bupati Batubara (Dok. IDN Times)

Sebelum memasuki dunia pekerjaan, dulunya Zahir pernah menempuh Pendidikan dasar di SDN Simpang Dolok, Lima Puluh, Batu Bara tahun 1983. Lalu menempuh jenjang sekolah menengah pertama di SMP Negeri Labuhan Ruku, Talawi, Batu Bara Tahun 1986 dan jenjang sekolah menengah atas di SMA Negeri 2 Indrapura, Air Putih, Batu Bara tahun 1989.

Setelah lulus dari SMA Zahir melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Perguruan tinggi di Universitas Sumatera Utara tahun 1994 setelah itu dia juga mengambil Pendidikan pasca sarjana (S2) di Universitas Medan Area tahun 2009.

2. Ini pengalaman organisasi Zahir

Mengenal Sosok Zahir, Bupati Batubara dari Air HitamSenior Vice President CSR & PKBL Inalum, Ismail Midi bersama Bupati Batubara, Zahir dan Ketua TP PKK Batubara, Maya Indriasari Zahir melakukan penyerahan secara simbolis bantuan peralatan produksi bagi pelaku UMKM dan kelompok remaja masjid di wilayah kabupaten Batubara. (Dok. IDN Times)

Zahir juga aktif berorganisasi dia pernah menjadi bendahara PW Al-Jam’atul Washliyah, Sumatra Utara, tahun 2015-2020, Ketua DPW GM  PUJAKESUMA Sumatra Utara, tahun 2016-2021, Ketua Umum Pencab PERSEROSI Sumatra Utara, tahun 2017-2021, Wakil Ketua KONI Sumatra Utara, tahun 2017-2021.

Wakil Ketua MP KARANG TARUNA Sumatra Utara, 2017-2022, Wakil Ketua PB Majelis Adat & Budaya Melayu (MABMI) Indonesia, tahun 2005-2010, MPI KNPI Kabupaten Batubara Batubara, tahun 2011-2015, dan Penasehat Persatuan Insyiur Indonesia (PII) Sumatra Utara, tahun 2017-2022.

3. Berikut prestasi Zahir selama menjabat

Mengenal Sosok Zahir, Bupati Batubara dari Air HitamZahir Bupati Batubara (Dok. IDN Times)

Pada masa jabatan menjadi Bupati Zahir meriliskan perpustakaan digital (E-Pusda) dengan memanfaatkan aplikasi E-Pusda secara online, ribuan buku-buku yang ada di perpusatakaan daerah dapat dibaca secara gratis melalui handphone di genggaman untuk menjadikan motivasi serta meningkatkan minat baca masyarakat Batubara dimana saja melalui handphone di genggaman.

Pada tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah mengalokasikan dana cadangan sebesar Rp 52 miliar dalam RAPBD tahun anggaran 2021, untuk rencana pembangunan Kantor Bupati Batu Bara dan menjadikan Lima Puluh sebagai pusat pemerintahan dan ibu kota kabupaten sesuai dengan Perda.

Dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus covid-19, sepanjang tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah beberapa kali melakukan refocussing anggaran. 

Anggaran itu dialihkan kepada program penganggulangan dan pencegahan pandemi covid-19 serta bantuan kepada masyarakat yang terdampak akibat wabah tersebut. penanganan Covid-19 di Batubara dilakukan dengan arah dan kebijakan yang jelas, teliti dan tentunya kebijakan yang dikeluarkan tidak menghukum atau mengintimidasi anggota masyarakat.

Semua dilaksanakan, sebagai bentuk implementasi kebijakan yang tepat, penanganan Covid-19 bisa teratasi. Diakuinya, aparat melakukan tindakan, razia atau sejenisnya untuk memberikan pembelajaran, dan sedikit efek jerah.

Bupati menegaskan bahwa tahun 2020 menjadi tahun prestasi untuk kesejahteraan masyarakat Batu Bara dalam rangka penurunan kemiskinan, penurunan pengangguran dan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya