Comscore Tracker

Literasi Digital Kemenkominfo dan Siberkreasi, Kreatif Berbasis Lokal

Mau ikutan webinar, begini cara daftarnya

Langkat, IDN Times - Pesatnya perkembangan teknologi yang kian terpacu akibat pandemik covid-19 telah mendorong masyarakat Indonesia untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital.

Ditambah lagi dengan kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat mempertegas bahwa kita sedang berada di masa percepatan transformasi digital.

Namun percepatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna.

Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan survey nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG dengan skor 3.49 yang dihitung berdasarkan skor indek 4 (empat) pilar literasi digital seperti kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

"Kenaikan skor indeks literasi digital ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46. Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat,” ujarnya saat membuka acara webinar literasi digital.

Baca Juga: Tak Punya Mobil Mewah, Segini Harta Kekayaan Kapolda Sumut Irjen Panca

1. Gelar talkshow dalam format hybrid

Literasi Digital Kemenkominfo dan Siberkreasi, Kreatif Berbasis LokalKementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo) melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menghadirkan kampanye digital literasi #MakinCakapDigital, kali ini melalui rangkaian kelas “Literasi Digital: Public Speaking Siberkreasi” yang akan diselenggarakan pada 9 April hingga 14 Mei 2022. (Dok. Kemenkominfo)

Berangkat dari visi tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali hadir di wilayah Sumatra dan sekitarnya untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”.

Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra dan sekitarnya, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

2. Mau ikutan webinar, begini cara daftarnya

Literasi Digital Kemenkominfo dan Siberkreasi, Kreatif Berbasis Lokalpixabay

Lanjutan kegiatan webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk Komunitas/Masyarakat Sumatra dan sekitarnya di bulan Oktober ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 pukul 08.00 - 10.00 WIB dengan tema “TIPS DIGITAL: KONTEN KREATIF BERBASIS BUDAYA”.

Webinar ini menghadirkan Fajria Fatmasari, Kepala Inkubator Bisnis Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital; Pradipta Nugrahanto, CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; Tio Prasetyo, Indonesia Market Editor for FIFA+ & Praktisi Literasi Digital sebagai narasumber.

Kegiatan webinar akan dilakukan dan disiarkan menggunakan platform Zoom Meeting dan anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://bit.ly/PendaftaraanSumatra25038

3. Ada E-sertifikat dan beragam hadiah menarik

Literasi Digital Kemenkominfo dan Siberkreasi, Kreatif Berbasis LokalKominfo menggelar Siberkreasi Local Fair, Jumat (11/6/2021). (Dok. Kominfo)

E-sertifikat dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta webinar. Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo.

Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi.

Baca Juga: Kapolsek Miliarder, AKP Manaek Lebih Kaya daripada Kapolda Irjen Panca

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya