Comscore Tracker

Kisah Darma Wijaya, Pengembala Sapi yang Jadi Bupati Serdang Bedagai

Gaji disumbang untuk pembangunan pesantren dan rumah ibadah

Darma Wijaya adalah sosok terpilih yang menjadi Bupati Serdang Bedagai setelah sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati periode 2016-2021.

Darma Wijaya atau yang lebih akrab dikenal sebagai Wiwik merupakan putra kebanggaan Dolok Masihul yang dilantik sebagai Bupati Serdang Bedagai periode 2021-2024. Ia dilantik pada tanggal 26 Februari 2021.

Sosok yang dikenal sederhana dan merakyat ini sudah sering malang melintang di dunia politik. Namanya mulai banyak dikenal pada tahun 1999 saat menjadi ketua ranting Ikatan Pemuda Karya (IPK) Dolok Manampang.

Masa kecil seorang Bupati Serdang Bedagai ini dilaluinya dengan mengembala sapi dan berdagang durian. Seiring waktu berjalan, Wiwik mulai memiliki cita-cita untuk memajukan daerahnya dari berbagai bidang khususnya ekonomi, pendidikan, dan pariwisata.

Baca Juga: Kapolda Sumut Akui Ada Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat

1. Aktif di OKP IPK

Kisah Darma Wijaya, Pengembala Sapi yang Jadi Bupati Serdang BedagaiDarma Wijaya dan H.Adlin Umar Yusri Tambunan (Dok.IDN Times/istimewa)

Masa kecil penuh kenangan ayah dari 3 orang anak ini terukir di SD Negeri 102060 Sarang Ginting Dolok Masihul.

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 1 Dolok Masihul.

Tak terhenti sampai disana, ia lalu melanjutkan bangku sekolah ke SMA Swasta Sebelas Maret Dolok Masihul. Setelah itu Darma Wijaya banyak berada di jalur politik. 

Nama Darma Wijaya banyak dikenal setelah dirinya menjadi Ketua Rating IPK Dolok Menampang  pada tahun 1999.

Pada tahun 2004-2009, ia dipercaya menjadi  Wakil Ketua PK Golkar Dolok Masihul sekaligus Ketua Satgas DPD IPK Serdang Bedagai.

Perjalanan berikutnya pada tahun 2009 yakni menjadi Wakil Ketua Pemuda Mitra Kamtibnas serta Bendahara MKGR Serdang Bedagai. Di tahun yang sama pula ia menjadi Ketua DPD IPK Serdang Bedagai.

 

2. Dari ormas hingga masuk parlemen

Kisah Darma Wijaya, Pengembala Sapi yang Jadi Bupati Serdang BedagaiCalon Bupati Serdang Bedagai Nomor Urut 1, H. Darma Wijaya saat blusukan naik motor (Dok. IDN Times)

Tahun 2010 ia memangku jabatan sebagai Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Serdang Bedagai dan Bendahara DPD Partai Golkar Serdang Bedagai.

Jabatan sebagai Ketua Koni Kabupaten Serdang Bedagai ia duduki di tahun 2011. Lalu menjabat sebagai Ketua Kadin Kabupaten Serdang Bedagai pada tahun 2013.

Selanjutnya ia bertanggungjawab sebagai Wakil Ketua DPD IPK Serdang Bedagai mulai tahun 2014.

Kursi Wakil Bupati Serdang Bedagai ia raih pada tahun 2016 sekaligus menjabat sebagai Ketua Garda NASDEM Sumatera Utara.

Perjalanannya dari tahun ke tahun dapat dikatakan kian menanjak hingga pada akhirnya Darma Wijaya dilantik menjadi Bupati Serdang Bedagai pada tahun 2021.

3. Sebagian besar gaji untuk pembangunan pesantren dan rumah ibadah

Kisah Darma Wijaya, Pengembala Sapi yang Jadi Bupati Serdang BedagaiDarma Wijaya saat blusukan ke rumah warga di Serdang Bedagai (Dok. IDN Times)

Pendapatan yang didapatkan H. Darma Wijaya selama menjabat sebagai Wakil Bupati Serdang Bedagai sebagian besar disumbangkan untuk kegiatan sosial seperti pembangunan pesantren, pembangunan rumah ibadah, bantuan untuk pihak yang kurang mampu, dan lain sebagainya.

H. Darma Wijaya selalu memberikan hadiah kepada anak yatim setiap perayaan ulang tahunnya.

Selain menjadi politisi, H. Darma Wijaya juga memiliki usaha sawit dan ladang yang sudah dirintisnya sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Serdang Bedagai.

Tumbuh dari keluarga sederhana, semasa kecil H. Darma Wijaya harus membantu mendorong gerobak pedagang es cendol untuk dapat menikmati jajanan tersebut.

Meskipun dengan karir politik yang dapat dikatakan gemilang, ia tidak pernah bermimpi menjadi seorang politisi seperti saat ini.

Profil: 

Nama : Darma Wijaya
Tempat, Tanggal Lahir : Sarang Ginting, 1 Agustus 1972
Agama : Islam
Pasangan : Rosmaida Saragih
Anak : Popy Nurinda, Alwi Gibran, Mutiara Saqila
Orang Tua : H. Ahmadin (Alm) dan Hj. Aslamiyah (Alm)

Baca Juga: Mengenal Bakhtiar Sibarani, Bupati Tapteng yang Bertabur Prestasi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya