Keren, Produk UMKM di Tapanuli Binaan TPL Kini Online di Shopee

Pemasaran digital adalah solusi di masa pandemik

Toba, IDN Times – Sejumlah produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) dikawasan Tapanuli, saat ini mulai dipasarkan secara online digital melalui akun resmi Shopee untuk dipasarkan keseluruh penjuru nusantara.

Community Development (CSR) Manager Ramida Siringoringo mengatakan dimasa pandemik COVID-19 TPL kembali mengadakan Web Seminar (Webinar) lanjutan, Selasa (15/12/2020), bersama dengan shopee dan para pelaku UMKM lokal, khususnya Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir, dan Humbahas.

“Webinar kali ini kita arahkan para pelaku usaha UMKM binaan TPL, sudah dapat melakukan aktivasi dan penjualan dengan sistem digital. Produk UMKM binaan TPL seperti madu, keripik pisang toba, bubuk masakan andaliman, sudah dapat dipesan melalui akun shopee untuk seluruh Indonesia,” Kata Ramida, Kamis (17/12/2020) di Pondok Bina Tani TPL di Parmaksian.

1. Pemasaran produk UMKM secara digital adalah jawaban atas permasalahan yang terjadi saat ini

Keren, Produk UMKM di Tapanuli Binaan TPL Kini Online di ShopeeProduk UMKM di Tapanuli Binaan TPL Kini Online di Shopee (Dok. IDN Times)

Pandemik COVID-19 memang memberi dampak yang besar dan mempengaruhi ekonomi dan pendapat masyarakat, terutama bagi pelaku bisnis baik itu lingkup besar maupun kecil. Ramida Siringoringo mengatakan pemasaran produk UMKM secara digital adalah jawaban atas permasalahan yang terjadi saat ini.

Saat ini menurut Ramida pihaknya (TPL) terus berkomitmen untuk dapat hadir memberikan kontribusi, serta mendukung pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi sosial, khususnya para pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan perusahaan, sekaligus mendukung program Aku Cinta Produk Indonesia.

“Besar harapan kita program ini dapat berjalan dan membantu penjualan para UMKM di Tapanuli dan khususnya yang termasuk dalam Binaan TPL. Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak terkhusus shopee, yang telah membuka jaringan marketing digital untuk para UMKM lokal dalam pemasaran produk mereka,” harap Ramida Siringoringo.

Baca Juga: Shopee Klaim Pecahkan Rekor, 12 Juta Produk Terjual dalam 24 Menit

2. TPL ajak pelaku UMKM diwilayah Tapanuli bersama-sama mendukung program pemasaran produk melalui digital dan online

Keren, Produk UMKM di Tapanuli Binaan TPL Kini Online di ShopeeIDN Times/Indah Permata Sari

Ketua asosiasi UMKM Kabupaten Toba Marandus Sirait mengungkapkan pihaknya sangat mendukung kegiatan dan program, marketing digital produk UMKM ini. Melalui asosisasi Marandus Sirait mengajak para pelaku UMKM ikut serta mendukung pengembangan produk, yang dihasilkan dari kawasan Danau Toba.

Marandus Sirait juga sangat yakin dengan berkembangnya produk lokal UMKM di wilayah Tapanuli akan mempengaruhi perkembangan destinasi wisata Danau Toba, sebagai Geopark Kaldera Toba yang telah ditunjuk oleh orgnaisasi dunia Unesco.

“Saya mengajak kepada seluruh pelaku UMKM diwilayah Tapanuli bersama-sama mendukung program pemasaran produk melalui digital dan online, sehingga dapat memberikan nilai positif dalam perkembangan pariwisata Danau Toba,” kata Marandus yang sudah berhasil memasarkan produk Andaliman dan Madu Taman Eden di akun shopee.

3. Diisi oleh pembicara yang kompeten

Keren, Produk UMKM di Tapanuli Binaan TPL Kini Online di ShopeeDok. IDN Times/IStimewa

Webinar produk Aku Cinta Indonesia antara TPL, UMKM Binaan TPL, dan Shopee ini dihadiri narasumber yang sangat kompeten dari bidang kesehatan dr. Marulam Panggabean, SpPD-KKV,Sp.JP (Dokter Spesialis Penyakit Dalam) bicara soal bahaya Covid-19, Dr. Nurmala Kartini Panjaitan Sjahrir motivator dan pemerhati UMKM Indonesia, moderator acara oleh Dr. Amanda Katili Manager The Climate Reality Project Indonesia, Bagus Wardhana & Khoiruddin dari Shoppee penjualan digital di Indonesia. 

Baca Juga: TPL Raih 3 Platinum Awards Dalam Ajang Indonesian CSR Award 2020

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya