Antisipasi Kabut Asap, PFI Medan & XL Bagi Masker Gratis di Danau Toba

Danau toba sudah diselimuti kabut asap

Samosir, IDN Times - Organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan bersama PT XL Axiata Tbk melakukan kegiatan sosial dengan membagikan masker secara gratis kepada warga dan wisatawan di kawasan Danau Toba, khususnya di Kabupaten Samosir, Jumat (20/9).

Kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Provinsi Riau dan Palembang dan di sejumlah Pulau Sumatera mulai berdampak pada sejumlah daerah di Sumatera Utara, termasuk kawasan Danau Toba yang diselimuti kabut asap. Kondisi tersebut menjadi perhatian dari sejumlah pihak yang sangat prihatin terhadap dampak yang bisa mengganggu kesehatan.

Baca Juga: Meninggal di Danau Toba, Putri Pernah Tulis tentang Kematian di Sosmed

1. Bentuk kepedulian kepada warga dan wisatawan di sekitar Danau Toba

Antisipasi Kabut Asap, PFI Medan & XL Bagi Masker Gratis di Danau TobaDok. IDN Times/IStimewa

Regional Corporate Communication West Region PT XL Axiata, Aldi Desmet mengatakan, pembagian masker gratis tersebut merupakan bentuk kepedulian kepada warga dan wisatawan di sekitar Danau Toba agar terhindar dari kabut asap yang mulai menyelimuti Sumatera Utara.

Apalagi bahaya kabut asap sangat berdampak kepada kesehatan warga khususnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Kami melihat dalam beberapa hari ini kabut asap yang menyelimuti Sumatera Utara khususnya di Danau Toba semakin tebal, kondisi tersebut dapat berdampak juga pada kunjungan wisatawan," ujar Aldi

2. Kondisi asap makin mengkhawatirkan

Antisipasi Kabut Asap, PFI Medan & XL Bagi Masker Gratis di Danau TobaDok. IDN Times/IStimewa

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi berharap, pemerintah daerah segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka sosialisasi dan mengimbau kepada warga untuk mewaspadai dampak kabut asap dan selalu memakai masker jika beraktifitas.

"Kondisi kabut asap yang pekat ini sangat mengkhawatirkan dan berakibat pada penyakit ISPA, sehingga warga diharapkan dapat menjaga kesehatannya," pungkas Rahmad.

Baca Juga: Ikut Kegiatan OSIS, Putri Margaret Tewas Tenggelam di Danau Toba

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya