152 Atlet Pelajar Bertarung di Kejurda Tarung Derajat Sumut

Atlet terbaik disiapkan ke Popnas 2019

Medan, IDN Times - Kejuaran daerah (Kejurda) tarung derajat tingkat pelajar diikuti 152 atlet dari 19 kabupaten kota se-Sumut. Kejuaraan ini akan berlangsung selama tiga hari, 23-25 Juli di GOR Futsal Dispora Sumut, Selasa (23/7).

Adapun kejuaraan yang memperebutkan Piala Gubernur Sumut ini menjadi salah satu tahapan seleksi daerah (Selekda) menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PopNas) 2019 di Papua.

1. Yang terbaik akan mewakili Sumut pada Popnas di Papua

152 Atlet Pelajar Bertarung di Kejurda Tarung Derajat SumutIDN Times/Hasudungan

Kejuaraan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Melalui kejuaraan ini, akan ada evaluasi menyeluruh sebelum nantinya atlet bertarung di Popnas ke-15 pada Oktober di Papua.

"Saya berharap seluruh atlet untuk lebih giat berlatih. Bersiaplah diuji untuk jadi yang terbaik. Siapa yang terbaik akan mewakili Sumut pada Popnas di Papua nanti," jelasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gol Penalti Legimin Bawa PSMS Taklukkan Persita 1-0

2. Tarung derajat jadi andalan Sumut

152 Atlet Pelajar Bertarung di Kejurda Tarung Derajat SumutIDN Times/Hasudungan

Ia juga mengakui, cabor tarung selalu menjadi andalan bagi Sumut untuk meraih medali di setiap event nasional. Untuk itu dia meminta para pelatih cabor tarung derajat fokus dan serius dalam melakukan pembinaan.

"Atlet-atlet tarung selalu memberikan prestasi bagi Sumut di tingkat nasional. Mulai dari taekwondo, karate, silat, dan juga tarung derajat," katanya.

Dia optimis nantinya atlet tarung derajat kembali memberi prestasi untuk Sumut. "Target jangka pendek PON 2020 Papua dan jangka panjang pada PON ke XXI/ 2024. Semoga Sumut bisa meraih prestasi terbaik," ujarnya.

3. KONI Sumut akui pentingnya kejurda untuk seleksi atlet

152 Atlet Pelajar Bertarung di Kejurda Tarung Derajat SumutIDN Times/Hasudungan

Wakil Ketua KONI Sumut, Prof Agung Sunarno optimistis, kejurda tersebut akan menjaring atlet potensial jangka panjang untuk dipersiapkan menuju PON 2024 di Sumut-Aceh.

"Kalau hari ini pelajar, Insya Allah tahun 2024 kalian akan jadi petarung senior di PON nanti. Tunjukkan kemampuan yang ada, bertarunglah dengan jujur," harap Agung.

Baca Juga: [BREAKING] Setelah Nunung, Aktor Jefri Nichol Ditangkap karena Narkoba

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya