TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lagi, 2 Lembu Milik Warga Langkat Diduga Dimangsa Harimau

Kamera pemantau dipasang di seputar lokasi kejadian

harimau (sciencemag.org)

Langkat, IDN Times - Harimau Sumatra diduga muncul di dekat pemukiman warga Dusun Selayang, Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Dugaan itu diperkuat dengan ditemukannya bangkai dua ekor lembu milik warga, Jumat (25/12/2020).

Dua bangkai lembu itu ditemukan terpisah. Jarak antara bangkai diperkirakan 100 meter. Lembu itu adalah milik Umur Sitepu (57), warga Desa Batu Katak dan Brahmalem Depari (43), warga desa Lau Damak.

Baca Juga: Kisah Cut Adek, Selamat Dari Bencana Tsunami Berkat Pohon Jamblang

1. Ada bekas taring di bangkai lembu

Nadia, harimau betina Melayu berumur 4 tahun di Kebun Binatang Bronx, yang menurut pihak kebun binatang teruji positif terinfeksi virus corona (COVID-19) muncul pada foto tanpa tanggal yang disediakan Kebun Binatang Bronx di New York. (ANTARA FOTO/WCS/Handout via REUTERS)

Soal dugaan harimau yang muncul juga diperkuat dengan bekas luka yang ada pada bangkai. Terdapat luka bekas taring di bangkai itu.

Sebelumnya, lembu itu memang ditambatkan di perladangan yang jaraknya sekitar 150 meter dari dusun. Namun saat dicek, lembu itu sudah tidak ada. Di seputar lokasi juga terdapat bekas jalur seretan.

Saat ditemukan, sebagian daging lembu juga sudah di makan diduga harimau.

2. Kamera pemantau sudah dipasang di sejumlah titik

Ilustrasi : Petugas di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD) mengangkat Harimau Sumatera bernama BONITA ke dalam kandang untuk selanjutnya di release ke habitat aslinya pada akhir Juli 2019. IDN Times/Andri NH

Untuk memastikan dugaan kemunculan harimau di pemukiman, petugas gabungan memasang kamera pemantau.

“Ada tujuh kamera pemantau yang dipasang milik Yayasan Yohua. Petugas gabungan juga sudah meninjau lokasi kejadian,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut Teguh Setiawan, Jumat malam.

Tim gabungan juga sudah menggelar rapat koordinasi lintas lembaga. Mereka juga sudah membahas langkah pencegahan.

Baca Juga: [BREAKING] Sungai Meluap, Medan Dilanda Banjir Lagi

Berita Terkini Lainnya