TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KSAD Dudung Perintahkan Anggota TNI Bersihkan Sungai Deli 63 Hari

Temukan banyak puing bangunan di sungai

Pemko Medan berkolaborasi bersama TNI AD susuri membersihkan sungai Deli (IDN Times/Indah Permata Sari)

Medan, IDN Times - Pemerintah Kota Medan beserta tim gabungan menyusuri Sungai Deli dalam kegiatan Gotong Royong Bersih Sungai Deli bertema Peduli Deli Kota Medan tahun 2023.

Susuri Sungai Deli ini dimulai dari Kecamatan Medan Labuhan km 17,5 hingga finish di Simpang Kantor Kecamatan Medan Marelan, Rabu (27/9/2023).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Jenderal Dudung Abdurachman turut ikut menyusuri Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin, dan Meutya Hafid selalu Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Baca Juga: Sasude Susuri Sungai Deli, Temukan Sampah Plastik dengan Berat 750 kg

1. Puing bangunan yang jatuh ke Sungai Deli menjadi penyebab abrasi

Pemko Medan berkolaborasi bersama TNI AD susuri membersihkan sungai Deli (IDN Times/Indah Permata Sari)

Usai menyusuri sungai, KSAD Dudung mengatakan, cuaca atau banyaknya puing bangunan yang jatuh dan tertumpuk ke Sungai Deli bisa karena banyaknya sampah dan pembuangan sampah yang sembarangan. Hal ini menimbulkan penyempitan atau abrasi pada Sungai Deli.

“Latar belakang revitalisasi sungai itu ide awal dari bapak Wali Kota Medan, sungai sudah terjadi pengendapan kemudian sungai sudah terjadi penyempitan atau abrasi,” ucapnya.

Dudung juga mengatakan terjadinya abrasi pada Sungai Deli dikarenakan masyarakat banyak mendirikan bangunan sampai akhirnya menimbulkan penyempitan sungai tersebut.

“Oleh karenanya air sumber dari segala kehidupan bahwa melihat dari perkembangan seperti Citarum Harum Ciliwung maka pak wali kota melaporkan kepada saya bagaimana  untuk menormalisasi lagi Sungai Deli ini,” tambahnya.

2. Panjang aliran Sungai Deli yang akan dibersihkan 34,5 km

Pemko Medan berkolaborasi bersama TNI AD susuri membersihkan sungai Deli (IDN Times/Indah Permata Sari)

Lanjut Dudung, beberapa kegiatan yang akan menjadi target pada aliran sungai sepanjang 34,5 km yang melintas di Kota Medan ini akan dibersihkan dari TNI Polri maupun unsur lainnya.

“Pemerintah daerah maupun masyarakat yang terlibat. Oleh karenanya, saya hadir di sini dan saya mengundang ketua komisi I DPR RI bahwa sejauh mana keterlibatan TNI dalam membantu masyarakat," kata Dudung.

"Yang buat saya kagum dan gembira bahwa  masyarakat Sumut khususnya Medan cukup antusias. Tidak serta merta kami saja tapi lebih antusias masyarakat, dan kegiatan ini tidak serta merta kegiatan fisik saja seperti normalisasi Sungai Deli, tetapi ada kegiatan nonfisik berupa penyuluhan baik TNI Polri dan Pemda agar memberikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan," jelasnya.

Baca Juga: Medan Banjir, Bobby Akui Pengerjaan Proyek Drainase Telat 2 Bulan

Berita Terkini Lainnya