Pemprov Sumut Tawarkan Kerjasama Pariwisata dengan Prancis

Danau Toba masuk dalam pilihan

Medan, IDN Times – Pemprov Sumatra Utara menjajaki kerja sama dengan Prancis. Kerjasama yang ditawarkan, salah satunya adalah sektor pariwisata.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin saat bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Fabien Penone di Ruang Kerjanya, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (25/9/2023).

Hassanudin mengatakan pada Fabien bahwa Sumut memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah.

“Saya rekomendasikan Danau Toba untuk anda kunjungi, rugi kalau anda tidak berkunjung ke Danau Toba,” kata Hassanudin.

1. Hassanudin minta Dubes Prancis ceritakan soal pariwisata Sumut ke warganya

Pemprov Sumut Tawarkan Kerjasama Pariwisata dengan PrancisPanorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Selain Danau Toba, Sumut juga memiliki berbagai destinasi wisata yang juga tak kalah indah. Mulai dari Kepulauan Nias, Berastagi, Bukit Lawang, dan lainnya.

“Saya harap, sepulang anda dari Danau Toba atau Sumut, Anda bisa ceritakan bagaimana indahnya tempat itu pada teman atau warga Prancis yang lain,” kata Hassanudin.

2. Tawarkan soal potensi industri dan perkebunan

Pemprov Sumut Tawarkan Kerjasama Pariwisata dengan PrancisPemprov Sumut menjajaki kerjasama dengan Prancis. (Dok: Diskominfo Sumut)

Hassanudin juga cerita soal potensi kerjasama di bidang pertanian dan perkebunan. Termasuk industri yang ada di Sumut.

Hassanudin juga sangat senang atas kedatangan Duta Besar Prancis tersebut di Sumut. Ia menyambut baik kedatangan Dubes.

“Kami sangat senang menjadi salah satu wilayah yang menjadi lokasi kunjungan kerja pak Dubes,” katanya.

3. Prancis masih ingin melihat potensi Danau Toba

Pemprov Sumut Tawarkan Kerjasama Pariwisata dengan PrancisPemprov Sumut menjajaki kerjasama dengan Prancis. (Dok: Diskominfo Sumut)

Dubes Prancis Fabien Penone menyambut tawaran Hassanudin. Ia akan melihat seperti apa peluang yang bisa dikerjasamakan di Danau Toba.

Pihaknya juga sudah menjajaki kerja sama di salah satu destinasi wisata super prioritas Likupang, Sulawesi Utara. Presiden Jokowi sudah meminta Presiden Prancis Emanuel Macron untuk bekerja sama di Likupang.

“Saya akan melihat apakah di Danau Toba juga bisa,” kata Fabien.

Kunjungan kerja Fabien di Sumut bertujuan untuk melihat potensi apa saja yang bisa dikerjasamakan. Selain itu, selama kunjungan di Sumut, pihaknya juga mengenalkan potensi dan program-program yang dilakukan Prancis di Sumut.

Baca Juga: Pj Gubernur Berikan Sinyal Permudah Investor ke Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya