TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dinkes Medan Akan Gelar Rapid Test Massal untuk Warga Medan

Medan klaster penularan COVID-19 di Sumut

Ilustrasi rapid test (IDN Times / Haikal)

Medan, IDN Times -  Tingginya tingkat penularan COVID-19 di Kota Medan harus segera disikapi. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Medan akan melakukan rapid test massal selektif kepada warganya.

"Rapid test massal selektif digelar. Sebagian juga sudah berlangsung," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendy, Rabu (27/5) dilansir Antara.

Baca Juga: Suasana Salat Id di Masjid Raya Al Mashun Medan di Tengah Pandemik

1. Digelar di tempat-tempat umum

IDN Times / Haikal

Edwin mengatakan, rapid test massal ini akan digelar di beberapa tempat yang rawan penularan COVID-19. Termasuk di kantor instansi pemerintahan.

"Nanti semua ini akan kita rapid test, termasuk instansi pemerintahan, tempat-tempat usaha, tempat umum yang ada risiko penularan COVID-19," kata Edwin.

2. Mengimbau masyarakat terbiasa menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin

Ilustrasi Masker Kain (IDN Times/Besse Fadhilah)

Edwin mengimbau kepada warga Kota Medan untuk tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan di masa pandemik ini. Hal itu diyakini dapat memutus penyebaran COVID-19.

"Jika tidak ada keperluan yang sangat penting dan mendesak, tetap di rumah saja lah. Jika terpaksa harus keluar rumah, pakai masker, tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan dan pakai hand sanitizer," ujarnya.

Baca Juga: [UPDATE] Selama Lebaran, 114 Orang Sembuh dari COVID-19 di Sumut 

Berita Terkini Lainnya