Herman Suwito Dilantik Jadi Pj Sekda Tapanuli Tengah

Pj Bupati Tapteng ingatkan tahun politik harus netral

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas melantik Herman Suwito sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Tengah.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Tengah, dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati Tapteng Jumat ( 14/7/2023).

Pada pelantikan ini, Pj. Bupati Tapteng Elfin Elyas  menyampaikan selamat kepada  Herman Suwito dan berharap bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Saya yakin saudara dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan baik, karena jabatan ini memiliki tanggungjawab yang berat," ujar Elfin.

1. Sekda harus komunikatif dan kreatif

Herman Suwito Dilantik Jadi Pj Sekda Tapanuli TengahPj Sekda Tapteng Herman Suwito (Dok. Istimewa)

Menurut Elfin, Sekda adalah jabatan yang strategis dalam tataran Birokrasi yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan, pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah dan pelayanan administrasi serta bisa menjadi motivator dan mengayomi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Tapteng. 

"Saya berharap Penjabat Sekda harus komunikatif dan kreatif. Komunikatif, dimaknai dengan kemampuan menjalin komunikasi yang aktif  dengan Stakeholder perangkat daerah sampai ke tingkat kecamatan, desa dan kelurahan serta Instansi yang ada di Tapteng,  Selain itu juga mampu menerjemahkan kebijakan Bupati dengan baik untuk dilaksanakan para ASN sebagai ujung tombak pelayanan prima pada masyarakat," ungkapnya.

2. Tahun politik harus netral

Herman Suwito Dilantik Jadi Pj Sekda Tapanuli TengahIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan dalam arti kreatif, sambungnya,  penjabat Sekda  harus mampu menyerap semua masukan dan memilahnya dengan baik untuk kemajuan Kabupaten Tapteng. Penjabat Sekda  harus paham dengan dinamika perkembangan masyarakat selain itu juga mampu mendorong semua Organisasi Perangkat Daerah  untuk menyelesaikan tugas pokok dan fungsinya dengan tepat waktu.

Sehingga, semua program selesai sesuai yang direncanakan, baik itu pelayanan di bidang Pemerintahan,  Kemasyarakatan dan di bidang Pembangunan. Berikan pelayanan yang baik kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tapteng.

"Tugas kita adalah melayani mereka, jalinlah harmoni yang indah  dengan masyarakat dan juga dengan Aparatur Pemkab Tapteng tanpa membeda-bedakannya," pungkasnya.

Tak lupa Elfin juga meminta Pj Sekda agar dalam menyikapi tahun politik dapat berlaku netral dan adil bagi semua masyarakat.

“Berikan pelayanan yang adil kepada masyarakat, karena tugas kita adalah melayani mereka. Jalinlah harmoni yang indah dengan masyarakat dan juga dengan aparatur di Pemkab Tapteng tanpa membeda-bedakannya,” pesan Pj Bupati.

3. Herman pernah menjabat Plt Kadis Pendidikan dan Plt Kadis Sosial

Herman Suwito Dilantik Jadi Pj Sekda Tapanuli TengahPj Sekda Tapteng Herman Suwito (Dok. Istimewa)

Sebelum menjadi Pj Sekda, Herman Suwito pernah menjabat sebagai Camat Pandan, lalu dilantik sebagai Asisten Administrasi dan Umum pada tahun 2014. 

Kemudian pernah menjabat Plt Kadis Pendidikan dan Plt Kadis Sosial. Pada 2021 dilantik menjadi Kepala Dinas Pertanian Tapteng.

Selanjutnya menjabat Pelaksana Harian (Plh) Sekda hingga akhirnya dilantik menjadi Pj Sekda Tapteng, Jumat lalu.

Baca Juga: Sudah 1.000 Pemain Mendaftar Seleksi Timnas U-17 di Medan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya