Sudah 1.000 Pemain Mendaftar Seleksi Timnas U-17 di Medan

Stadion Teladan diprioritaskan jadi venue seleksi

Medan, IDN Times- Seleksi tim nasional U-17 yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-17 di Indonesia tahun ini sudah digelar di berbagai kota. Medan menjadi salah satu kota yang dipercaya dan klub Liga 2 Sada Sumut FC ditunjuk jadi penyelenggara. Seleksi rencananya digelar 29 Juli 2023. Namun venue seleksi belum ditetapkan.

Seleksi zona Sumbagut akan diikuti pesepak bola dari Sumut, Aceh dan Sumbar. 

1. Sudah 1.000 pemain mendaftar

Sudah 1.000 Pemain Mendaftar Seleksi Timnas U-17 di MedanPelatih kepala Bima Sakti saat memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-16 di Jakarta International Stadium pada Maret 2022. (Dok. PSSI.org)

Saat ini jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai hingga 1.000 pemain. Manajer Sada Sumut FC Yosephine Sembiring mengatakan merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan menjadi panitia seleksi pemain timnas U17 Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam upaya mencari pemain terbaik yang akan mewakili negara kita di Piala Dunia U17. Kami akan memastikan bahwa seleksi ini berjalan sesuai dengan standar tertinggi," kata Yosephine.

2. Coach Bima Sakti dan Budi Sudarsono akan turun langsung

Sudah 1.000 Pemain Mendaftar Seleksi Timnas U-17 di MedanBudi Sudarsono sebagai salah satu eks pemain Deltras saat membela timnas Indonesia. (instagram.com/budipython13)

Seperti di kota lainnya, seleksi akan dipimpin langsung Pelatih timnas U-17 Bima Sakti Tukiman yang akan didampingi Budi Sudarsono. Selain itu juga ada pelatih kiper Sada Sumut FC Sahari Gultom yang ikut membantu seleksi posisi kiper. 

Menurut Yosephone, seleksi pemain timnas U17 Indonesia ini akan melibatkan pemain berusia 17 tahun atau di bawahnya yang memiliki potensi dan kemampuan yang menonjol.

"Para pemain akan mengikuti serangkaian uji coba dan pertandingan evaluasi di bawah pengawasan ketat tim pelatih nasional dan staf ahli," kata Yosephine.

Sementara untuk venue seleksi, belum ditetapkan. Namun Stadion Teladan Medan diprioritaskan jadi venue seleksi mengingat jumlah peserta yang besar.

3. Syarat-syarat seleksi timnas U-17

Sudah 1.000 Pemain Mendaftar Seleksi Timnas U-17 di MedanPelatih Timnas U-17, Bima Sakti dan pemain Timnas U-17, Arkhan Kaka Putra. (IDN Times/Tino)

Dikutip dari laman resmi PSSI, berikut kriteria pemain yang dicari PSSI untuk membela Timnas U-17 pada Piala Dunia U17 bulan November mendatang:

a. Kelahiran 1 Januari 2006 sampai dengan 31 Desember 2007
b. Tinggi badan 170 centimeter - 185 centimeter
c. Hasil tes VO2Max rata-rata 60-65
- Pemain Defender: 56-60
- Pemain Midfielder : 63-67
- Pemain Attacker: 57-61

Untuk data pemain, dapat mengisi Formulir di Lampiran Surat dan mengirimkan kembali melalui email ke teknik @pssi.org

Baca Juga: PSSI Buka Seleksi Pemain Timnas U-17 di Medan 29 Juli, Ini Syaratnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya