TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bupati Langkat: PNS Dilarang Mudik dan Menggelar Open House Lebaran

Bupati beri ultimatum pada PNS sejajaran Pemkab Langkat

Bupati yang mengintruksikan ASN sejajaran Pemkab Langkat, agar tidak mudik (IDN Times/ istimewa)

Langkat, IDN Times - Pemerintah terus berupaya melakukan penanganan dan penanggulangan wabah COVID-19. Salah satu yang tengah digencarkan pelarangan mudik dan membatasi kerumunan.

Menindalanjuti itu, Bupati Langkat, Terbit Rencana, mengultimatum seluruh Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara (PNS/ASN), yang berani melakukan mudik dan menggelar open house secara diam-diam selama Hari Raya Idul Fitri, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Ustaz Somad Menikah Lagi, 10 Potret Mellya Juniarti Mantan Istrinya 

1. Larangan mudik dan berkerumun berdasarkan SE Mendagri tanggal 4 Mei 2021

Spanduk ajakan tidak mudik di Serang, Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pelarangan ini, kata dia berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendagri Tito Karnavian Nomor 800/2784/SJ tentang pelarangan buka bersama selama ramadan dan open house atau halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/Tahun 2021, terbit pada 4 Mei 2021

"Kegiatan buka puasa bersama yang dilarang, jika melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 orang selama Bulan Ramadan 1442 Hijrah," kata dia.

2. Diharapkan seluruh jajaran se-Pemkab Langkat mematuhi aturan

Ilustrasi mudik menggunakan kapal (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Ia berharap, seluruh pejabat di Kabupaten Langkat dapat mengikuti instruksi dari Pemerintah Pusat. Menurutnya, prihal ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, selama Lebaran.

Selain itu, Terbit mengatakan, bahwa pihaknya bersama dengan TNI/Polri telah mendirikan pos penyekatan larangan mudik, di perbatasan pintu masuk Aceh-Langkat.

Selama penyekatan, pihaknya akan melarang warga Langkat dan Aceh untuk melintasi perbatasan. Jika ketahuan, petugas di lapangan akan langsung meminta pulang kembali.

"Jangan mudik untuk hindari Klaster baru COVID-19, masih nekat mudik putar balik, kita tegas dalam hal ini," ujarnya.

Baca Juga: Bus Antar Kota Tak Beroperasi, Taksi Gelap di Siantar Mulai Menjamur

Berita Terkini Lainnya