TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Begini Cara Belajar Efektif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Berkecakapan digital dapat dilakukan dengan menulis

unsplash.com/thoughtcatalog

LANGKAT, IDN Times - Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir dengan tajuk “Menjadi Pelajar Cerdas dan Cakap Digital”.

Pada webinar yang menyasar target segmen siswa, dihadiri oleh sekitar 995 peserta daring. Hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Ida Ayu Prasastiasi Dei, Communication Specialist, Rr Vemmi Kesuma Dewi, Akademisi Bid. Pendidikan dan Praktisi Pendidikan Ramah Anak.

Ada pula Gokman Sianturi, Kepala SMAN 15 Medan; dan Gelora Mulia Lubis, Pendidik, Penulis dan Pegiat Sastra.

Yuk simak isi pembahasan dari pemateri:

Baca Juga: Longsor Sibolangit, Masih Ada Batu Besar yang Berpotensi Runtuh

1. Berkarya dan berkecakapan digital dapat dilakukan dengan menulis

Ilustrasi rapat. Antarafoto

Gokman Sianturi menjelaskan cara belajar efektif dalam pembelajaran jarak jauh yaitu dengan menentukan tempat khusus untuk belajar, membuat target belajar serta cobalah untuk lebih efektif, buat diri nyaman dengan tempat belajar, tulislah rutinitas harian untuk persiapan belajar dan istirahat.

Gelora Mulia Lubis menuturkan berkarya dan berkecakapan digital dapat dilakukan dengan menulis (puisi, pantun, cerpen, artikel, novel), membuat video berkonten kreatif dan positif seperti tips, travel guide, bernyanyi, menari), berkolaborasi dengan guru membuat video pembelajaran serta memiliki website pribadi.

2. Susunlah materi belajar dengan baik

Ilustrasi belajar daring di tengah pandemik COVID-19 yang kian masif di Indonesia (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Ida Ayu Prasastiasi Dei, mengatakan materi yang baik saat melakukan presentasi atau materi belajar yaitu dengan susunan yang baik, sebagai ilustrasi yaitu burger, dimana roti adalah pembukanya, daging sebagai isi dan roti bagian bawah sebagai penutup.

“Ketiga elemen itu adalah satu kesatuan yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pemateri,” ujarnya.

Baca Juga: Tiga Orang Meninggal Tertimbun Longsor di Sibolangit, Ini Identitasnya

Berita Terkini Lainnya