Vaksinasi Moderna untuk Tenaga Kesehatan di Aceh Mulai Dilakukan

Tahap ketiga untuk tenaga kesehatan

Banda Aceh, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Aceh mulai melakukan vaksinasi COVID-19 tahap tiga, pada Senin (9/8/2021). Adapun target utamanya diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (nakes).

"Vaksin tahap tiga ini diperuntukkan untuk nakes," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Hanif, pada Senin (9/8/2021).

Kegiatan vaksinasi tahap ketiga tersebut dimulai dari nakes yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin, di Banda Aceh.

1. Banyaknya nakes yang masih terinfeksi COVID-19 jadi alasan vaksinasi tahap ketiga dijalankan

Vaksinasi Moderna untuk Tenaga Kesehatan di Aceh Mulai DilakukanNakes di Provinsi Aceh mulai jalani vaksinasi tahap ketiga (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Hanif menyampaikan, alasannya dilakukan vaksinasi tahap ketiga ini di Aceh dikarenakan masih banyaknya tenaga kesehatan yang terinfeksi COVID-19 meski telah divaksin tahap satu dan dua.

Oleh karena itu ia berharap, vaksinasi tahap ketiga bisa memberikan kesehatan tubuh bagi para nakes. Terutama nakes yang memberikan pelayanan selama masa COVID-19.

"Masih banyak yang terkena COVID-19. Juga ada tenaga kesehatan yang meninggal," ungkapnya.

"Diharapkan juga, nakes-nakes yang terinfeksi COVID-19 ini berkurang, walaupun terinfeksi positif namun tidak menimbulkan gejala yang berat dan lebih ringan," imbuhnya.

Baca Juga: Viral! Warga Aceh di Kolong Jembatan Kota Medan, Ini Faktanya

2. Nakes divaksinasi dengan Vaksin Moderna

Vaksinasi Moderna untuk Tenaga Kesehatan di Aceh Mulai DilakukanNakes di Provinsi Aceh mulai jalani vaksinasi tahap ketiga (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh itu mengatakan, adapun jenis vaksin yang digunakan pada tahap ketiga vaksinasi bukanlah Vaksin Sinovac, melainkan Vaksin Moderna COVID-19.

Provinsi Aceh sendiri, dikatakannya, telah menerima 33.300 vial Vaksin Moderna atau setara dengan 46.200 dosis.

"Untuk tahap ini Moderna mereknya bukan Sinovac," ucap Hanif.

3. Ditargetkan bisa memvaksin seluruh nakes yang ada di Aceh dalam sepekan

Vaksinasi Moderna untuk Tenaga Kesehatan di Aceh Mulai DilakukanNakes di Provinsi Aceh mulai jalani vaksinasi tahap ketiga (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, jumlah keseluruhan sumber daya manusia pada tenaga kesehatan (nakes) di Provinsi Aceh ada 56.740 orang.

Dinas terkait menargetkan bisa menyelesaikan vaksinasi tahap ketiga bagi nakes yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Provinsi Aceh dalam waktu satu pekan.

"Kita targetkan ini bisa selesai dalam waktu seminggu. Tetapi apabila juga tidak selesai dalam seminggu, maka kita tetap lanjutkan," ujar Hanif.

"Mudah-mudahan semua tenaga kesehatan di Aceh bisa menerima vaksinasi ini. Karena vaksinasi ini memberikan kekebalan tubuh bagi nakes kita yang ada di Aceh ini," tambahnya.

Sehubungan dengan itu, dari data nakes yang telah menjalani vaksinasi tahap satu dan dua berbeda.

Tahap satu, nakes yang telah divaksinasi sekitar 94 persen atau 53.054 orang dari total keseluruhan nakes 56.740 orang. Sedangkan tahap dua, hanya sekitar 80,7 persen atau 46.857 orang dari total keseluruhan nakes 56.740 orang.

Baca Juga: Tanpa Satgas, Keluarga Harus Makamkan Sendiri Pasien COVID-19 di Aceh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya