TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral, Harimau Berkeliaran di Kebun Warga Akhirnya Ditangkap

Diobservasi untuk sementara waktu sebelum kembali dilepas

Harimau Sumatra yang terjebak di perangkap kandang BKSDA Aceh di Aceh Selatan, Aceh

Aceh Selatan, IDN Times - Satu individu Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) masuk dalam perangkap kandang yang dipasang Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh di kawasan Gampong Gunung Kapho, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, pada Rabu (10/11/2021).

"Hari ini, sekitar pukul 07.30 WIB, satu individu Harimau Sumatra masuk dalam kandang jebakan yang berada di Gampong Gunung Kapho," kata Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto, pada Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Harimau Masuk Perkebunan Warga di Aceh Selatan

1. Diduga harimau yang pernah viral karena masuk ke perkebunan warga

Tangkap layar video saat harimau di kawasan perkebunan warga di Aceh Selatan (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Agus mengatakan, harimau berjenis kelamin betina itu diperkirakan adalah individu yang sama dan pernah terlihat di kawasan Kecamatan Trumon beberapa waktu lalu. Video keberadaan satwa dilindungi di perkebunan warga tersebut, sempat viral di dunia maya.

"Hasil identifikasi awal diperkirakan individu Harimau Sumatra yang masuk ini adalah individu yang sering muncul di beberapa lokasi dan sempat menjadi viral," ujar Agus.

2. Harimau masih dalam observasi tim medis

Dokumentasi - Pawang Syarwani (70) membantu mengevakuasi harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) di Kantor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. (ANTARA/Irwansyah Putra)

Saat ini, tim medis BKSDA Aceh dikatakan Agus, akan melakukan observasi terhadap individu harimau tersebut. Sambil menunggu proses observasi yang sedang dilakukan, pihaknya bersama mitra secara paralel akan melakukan persiapan-persiapan terkait rencana pelepasliarannya.

"Meliputi survei kelayakan habitat dan melakukan koordinasi dengan para pihak dalam rangka dukungan kelancaran proses pelepasliarannya," kata kepala BKSDA Aceh itu.

Baca Juga: Suami Diopname, Istri Ditemukan Tewas Tergantung di Rumah

Berita Terkini Lainnya