Ketua YKI Siantar Erizal Ginting Terima Penghargaan dari Nawal Lubis

Saat ini ada 3.206 pasien kanker di Sumut

Medan, IDN Times - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Pematang Siantar mendapat penghargaan Terbaik III (ketiga) dalam pengelolaan update website media sosial.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua YKI Sumut Nawal Lubis kepada Ketua YKI Cabang Pematang Siantar usai Rapat Koordinasi YKI se-Sumatera Utara dan Workshop Website YKI se-Sumatera Utara bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan, Jumat (21/7/2023).

Ketua YKI Pematang Siantar H.K Erizal Ginting SH mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Ketua YKI Sumut.

“Saya sangat berterima kasih atas penghargaan dan apresiasi kepada Tim Penilai yang telah memberikan penilaian obyektifnya, sehingga Update Website YKISiantar.Com mendapat predikat Terbaik III (ketiga) se-sumut. Website itu digunakan selain mempublikasi kegiatan YKI, juga sebagai sarana sosialisasi dan peranan aktif dalam mitigasi dan penanggulangan Kanker khususnya di Kota Pematang Siantar,” ujar Erizal Ginting yang juga Ketua TP-PKK Siantar.

1. Ada 3.206 pasien kanker di Sumut

Ketua YKI Siantar Erizal Ginting Terima Penghargaan dari Nawal LubisKetua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Pematang Siantar Erizal Ginting mendapat penghargaan Terbaik III (ketiga) dalam pengelolaan update website media sosial. (Dok. IDN Times)

Dalam paparannya, Nawal Lubis mengatakan bahwa distribusi dan karakteristik penderita kanker di sumatera utara tahun 2022 terdeteksi 53 jenis kanker dan 3206 penderita kanker.

Menurutnya ada 6 penyakit kanker terbanyak di Sumatera Utara yakni, kanker Payudara, kanker leukimia, kanker paru, kanker kelenjar getah bening, kanker pada saluran napas, kanker ovarium.

“Dari 3.206 penderita kanker, setengah dari penderita kanker berada pada rentang usia 45-64 tahun yaitu sebanyak 1.592 orang atau 49,7 persen. Meningkatnya risiko kanker pada usia lanjut diakibatkan karena semakin melemahnya sistem kekebalan tubuh,” jelasnya.

2. Perempuan lebih banyak mengidap kanker

Ketua YKI Siantar Erizal Ginting Terima Penghargaan dari Nawal LubisRapat Koordinasi YKI dan Workshop Website YKI se-Sumatera Utara bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jl. Sudirman No. 41 Medan, Jumat (21/07/2023). (Dok. IDN Times)

Ia menambahkan bahwa karakteristik penderita kanker menurut jenis kelamin yakni, Laki-Laki 1.466 (45,7%), Perempuan 1.740 (54,3).

“Lebih dari setengah penderita kanker berjenis kelamin perempuan sebanyak 1.740 orang (54,3%). Kanker payudara menjadi salah satu penyebab utama tingginya angka kejadian kanker pada perempuan di seluruh dunia,” terangnya.

3. YKI Batubara terbaik dalam hal pengelolaan website media sosial

Ketua YKI Siantar Erizal Ginting Terima Penghargaan dari Nawal LubisKetua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Pematang Siantar Erizal Ginting mendapat penghargaan Terbaik III (ketiga) dalam pengelolaan update website media sosial. (Dok. IDN Times)

Usai pemaparan, Nawal memberikan penghargaan kepada YKI kabupaten kota terbaik dalam pengelolaan update website media sosial.

Terbaik I (pertama) dari kabupaten Batubara. Terbaik II dari Kota Gunung Sitoli, Terbaik III dari Pematang Siantar, Harapan I Madina, Harapan II Kabupaten Toba, Harapan II Kabupaten Deli Serdang.

Turut hadir, Ketua YKI Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara beserta Rombongan.

Baca Juga: PSMS Umumkan Rekrutan ke-13, Eks Bali United dan Timnas Bola Pantai

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya