PSMS Umumkan Rekrutan ke-13, Eks Bali United dan Timnas Bola Pantai

Simak perjalanan karier Junius Bate

Medan, IDN Times- PSMS Medan telah mengumumkan pemain ke-13 untuk Liga 2 musim 2023/2024. Rekrutan anyar ini adalah Junius Bate. Dia sebelumnya pernah memerkuat Bali United.

Menariknya Bate juga adalah pemain timnas sepak bola pantai. PSMS mengumumkannya di akun instagram resminya.

"Datang dari Pulau Bali dan berposisi sebagai bek sayap, Junius Bate siap berjuang untuk PSMS Medan. Selamat datang Bli Junius Bate," tulis PSMS di akun instagram-nya, Kamis (20/7/2023).

Siapa sebenarnya Junius Bate? Simak perjalanan kariernya.

1. Beberapa kali memerkuat klub Liga 1 dari Bali United, hingga PSM Makassar

PSMS Umumkan Rekrutan ke-13, Eks Bali United dan Timnas Bola PantaiPemain PSM Makassar Rasyid Bakri (kiri) dan Junius Bate (kanan) dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center pada Jumat 9 Juli 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Junius Bate adalah pemain kelahiran Bali, 9 Juni 1993. Dia berusia 30 tahun saat ini.

Felsianus Junius Rato Bate lahir di Singaraja, 9 Juni 2023, kini berusia 30 tahun. Pemain bertinggi 170 cm ini berposisi sebagai bek kiri atau bek tengah.

Kariernya diawali dari PS Badung pada 2012 dan berlanjut ke Persiwa tahun 2013. Dia kembali ke Bali dengan gabung di Perseden tahun 2015. Dari situ dia dua musim memerkuat Bali United pada 2015-2017. Sempat dipinjamkan ke Celebest FC, Bate balik ke Bali United.

Dia sempat dipinjamkan lagi ke PSS Sleman dan kemudian pindah ke PSIM Yogyakarta, Kalteng Putra, PSM Makassar, Persiba, hingga terakhir berlabuh di Persela musim lalu.

Baca Juga: Joko Susilo Sebut PSMS Medan Butuh Rekrut Pemain Asing

2. Tak banyak dapat kesempatan main di Persela

PSMS Umumkan Rekrutan ke-13, Eks Bali United dan Timnas Bola PantaiJunius Bate, rekrutan baru PSMS Medan (instagram/juniusbate25)

Musim lalu Bate tak banyak mendapat kesempatan tampil di Persela yang bermain di Liga 2 musim 2023/2024. Dia hanya tampil 2 kali dari 7 laga. Selebihnya Bate hanya menghuni bangku cadangan.

Saat memerkuat klub-klub Liga 1 seperti Bali United, PSM dan PSS Sleman, Bate juga tak banyak dapat menit bermain.

3. Masuk skuat timnas sepak bola Pantai

PSMS Umumkan Rekrutan ke-13, Eks Bali United dan Timnas Bola PantaiJunius Bate, rekrutan baru PSMS Medan (instagram/juniusbate25)

Menariknya Bate tak hanya berkarier di lapangan hijau. Dia sempat menjadi bagian dari skuat timnas sepak bola pantai untuk AFC Beach Soccer Asian Cup 2023 di Thailand Maret 2022 lalu.

Namun timnas Indonesia terhenti di penyisihan grup karena tiga kekalahan dari Jepang, Lebanon, dan Tiongkok.

PSMS sendiri baru mengumumkan 13 pemain meskipun sudah melakukan pemusatan latihan sejak dua pekan lalu. Para pemain yang dikontrak beberapa dari pemain musim lalu, beberapa wajah lama yang kembali dan beberapa pemain dari klub-klub lain.

Mereka adalah Abdul Rohim, Nico Malau, M Fardan Harahap, Joko Susilo, Ichsan Pratama, Putra Chaniago, Rachmad Hidayat, Azis Hutagalung, Yuda Risky, Rizki Aulia, Assanur Rizal Torres, dan Cakra Yudha. 

Sementara itu beberapa nama terlihat belum diputuskan nasibnya oleh Pelatih kepala PSMS Ridwan Saragih.

Baca Juga: Perjalanan Karier Cakra Yudha, Gelandang Baru PSMS Medan yang Jangkung

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya