Comscore Tracker

Sebelum Sewa Kos, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan

Pastikan hal ini dulu agar kamu lebih nyaman

Medan, IDN Times - Sejumlah orang yang bekerja di luar kota biasanya akan memilih untuk sewa kos. Dalam pemilihan kos-kosan, biasanya orang akan memilih kenyaman dan sesuai budget.

Nah, selain kedua hal ini, ternyata ada beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan. Berikut IDN Times merangkum 5 hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan saat hendak memilih kos-kosan. Simak yuk!

1. Lokasi

Sebelum Sewa Kos, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu PertimbangkanInstagram.com/self_diy/

Menentukan budget memang hal utama. Selanjutnya, langkah kedua setelah sudah sepakat dengan ketentuan biaya yang kamu buat. Pastikan kamu memilih lokasi kos-kosan yang dekat dengan kampus atau tempat kerja.

Apa tujuannya? Tentu saja agar menghemat biaya transportasi. Dengan hal itu, kamu bisa mengalihkan biaya tersebut ke uang tabungan kamu lho.

2. Air dan listrik

Sebelum Sewa Kos, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu PertimbangkanPixabay/ExplorerBob

Setelah sudah mantap memilih lokasi. Hal selanjutnya, pastikan kembali kamu sudah mendapatkan akses air bersih dan listrik. Di beberapa kos-kosan, akses ini biasanya terpisah dengan ruang yang akan kamu sewa. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kebersihan air yang akan kamu gunakan. 

Baca Juga: Cuma Anak Kos yang Paham, 10 Potret Perabotan Absurd di Kamar Kos

3. Lingkungan

Sebelum Sewa Kos, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu PertimbangkanIlustrasi kos (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Hal ini yang luput dari para pencari kos, namun tak kalah penting dari tiga hal sebelumya adalah lingkungan. Hal ini menjadi penting untuk kenyamanan jangka panjang bagi kamu yang akan menyewa kos-kosan. Karena lingkungan yang aman dan circle yang sehat akan membuatmu tenang untuk jangka panjang.

4. Dekat dengan tempat umum seperti restoran atau toko kebutuhan sehari-hari

Sebelum Sewa Kos, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu PertimbangkanIDN Times/Indiana Malia

Selanjutnya, pastikan kembali bahwa tempat kos yang kamu pilih dekat dengan restoran atau toko kebutuhan sehari-hari. Hal ini akan membuatmu mudah untuk membeli kebutuhan. Kalau dapat lokasi yang begini, tidak perlu ribet untuk mencari bahan makanan kan? 

5. Bebas banjir

Sebelum Sewa Kos, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu PertimbangkanIlustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah keempat hal tersebut sudah dipastikan, coba tanyakan kembali kawasan kos-kosan mu sudah bebas dari banjir atau belum. Nah jika sudah memastikan hal itu, baiknya kamu mencari referensi dari orang-orang sekitar juga.

Selain mendapat informasi baru, kamu juga akan merasa nyaman untuk jangka panjang jika tempat yang kamu pilih bebas dari banjir.

Baca Juga: Geregetan! 10 Chat dengan Ibu Kos Ini Endingnya Kocak dan Bikin Kesal

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya