Comscore Tracker

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 Hijriah untuk Kota Medan dan Sekitarnya

Selamat berpuasa ya!

Medan, IDN Times- Pemerintah sudah menetapkan hasil sidang isbat berdasarkan pantauan Rukyatul Hilal di seluruh daerah Indonesia. Diputuskan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (3/4/2022).

Kementerian Agama (Kemenag) RI telah merilis jadwal Imsakiyah dan salat lima waktu di situs bimasislam.kemenag.go.id. Berikut jadwal Imsakiyah Ramadan untuk Kota Medan dan sekitarnya.

1. Hilal dari 101 titik tidak terlihat

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 Hijriah untuk Kota Medan dan SekitarnyaTim OIF UMSU melakukan pemantauan hilal dari gedung mereka di Kota Medan, Jumat (1/4/2022). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dari hasil sidang isbat Ramadan tahun ini, ketinggian hilal dari 101 titik dilaporkan tidak terlihat. 

"Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada 1 derajat, 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," ujar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas,Jumat (1/4/2022).

"Secara mufakat 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad 3 April 2022 Masehi," imbuhnya.

Baca Juga: Hilal 1 Ramadan Tidak Teramati, Ini Kata OIF UMSU Secara Keilmuan

2. Pantauan hilal di Medan lewat OIF-UMSU juga masih berada di posisi 1 derajat 45 menit

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 Hijriah untuk Kota Medan dan SekitarnyaTim OIF UMSU melakukan pemantauan hilal dari gedung mereka di Kota Medan, Jumat (1/4/2022). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Observatorium Ilmu Falak – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF-UMSU) yang melakukan pemantauan lewat teleskop pada pukul 18.34 WIB tidak berhasil melihat hilal.

Alasannya, posisi hilal terlalu rendah. Hilal masih berada pada posisi 1 derajat 45 menit. Sementara  Kementerian Agama telah menggunakan kriteria MABIMS atau Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Yaitu tinggi bulan minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

“Tadi kita lakukan pengamatan. Ternyata itu tidak muncul. Tidak berhasil kita lihat,” ujar Kepala OIF UMSU Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, Jumat (1/4/2022) malam.

3. Warga Muhammadiyah di Medan sudah laksanakan salat tarawih

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 Hijriah untuk Kota Medan dan SekitarnyaIlustrasi Logo Muhammadiyah (Website/muhammadiyah.or.id)

Sementara itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah pada 2 April 2022. Warga Muhammadiyah termasuk di Kota Medan sudah melaksanakan salat tarawih, Jumat (1/4/2022) malam. Terpantua di sejumlah masjid Muhammadiyah. 

“Kalau Muhammadiyah menggunakan namanya, Hisab Hakiki Wujudul Hilal. Sehingga menurut Muhammadiyah itu 1 bulan Qomariah 1 bulan Sya'ban semua itu sudah terjadi hingga malam hari ini sudah dinyatakan langsung bulan baru yaitu tanggal 1 Ramadan,” pungkas Arwin.

Baca Juga: Ini Empat Titik Rawan Kemacetan di Binjai saat Ramadan

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Jumawan Syahrudin
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya