Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku untuk Self Development

Fresh graduate wajib baca nih!

Medan, IDN Times - Buku-buku pengembangan diri kian diminati di sejumlah kalangan. Buku ini dinilai dapat menuntun dalam penerimaan diri, mengendalikan emosi, literasi keuangan dan sebagainya. Lewat buku bertema pengembangan diri, kamu bisa self-improvement lho.

Berikut IDN Times merangkum lima rekomendasi buku self improvement yang bisa kamu baca, apa saja itu? Yuk, simak di sini. 

1. Atomic Habits

5 Rekomendasi Buku untuk Self DevelopmentBuku Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa. (instagram.com/possessivereader)

Buku karya James Clear ini menjadi salah satu buku pengembangan diri yang banyak direkomendasikan oleh pembaca. Buku Atomic Habits ini dirilis pada 2018 silam. Melalui buku ini, pembaca akan dituntun untuk membangun kebiasaan baik lewat kebiasaan kecil. Ternyata, kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan secara konsisten mampu mendatangkan pengaruh besar dalam kehidupan.

2. Ikigai

5 Rekomendasi Buku untuk Self Developmentinstagram/@maudyayunda

Kehidupan orang Jepang yang bahagia ini berusaha diungkap rahasianya oleh Hector Garcia. Ternyata, Ikigai menjadi salah satu rahasianya. Ikigai erat kaitannya dengan passion dan tujuan hidup. Lewat buku ini, penulis menilai bahwa posisi ikigai ini berada di atas cita-cita.

3. Psychology of money

5 Rekomendasi Buku untuk Self DevelopmentIlustrasi Psychology of Money (Instagram.com/books.are.better)

Selanjutnya ada buku The Psychology of Money karya Morgan Housel yang rilis pada tahun 2021. Buku ini fokus pada topik-topik yang membahas tentang finansial dan literasi keuangan. 

Dalam buku ini terdapat beragam cerita yang dapat memberikan pandangan baru tentang makna uang dan kekayaan. Buku ini menuntut pembaca untuk mengelola keuangan dengan bijak, sehingga tidak menghabiskan duit secara cepat. 

4. Sebuah Seni untuk Bodo Amat

5 Rekomendasi Buku untuk Self DevelopmentBuku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (gramedia.com/blog)

Rekomendasi selanjutnya adalah Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. Buku karya Mark Manson ini rilis pada 2016. Buku ini sangat cocok dibaca untuk orang yang merasa tidak bisa melakukan penolakan. Bahkan tak jarang rasa itu justru menyengsarakan diri sendiri. Melalui buku ini, pembaca akan dituntun untuk melatih diri agar dapat menentukan hal-hal yang terbaik untuk diri sendiri.

5. Filosofi Teras

5 Rekomendasi Buku untuk Self DevelopmentFilosofi Teras karya Hendry Manampiring

Rekomendasi buku yang terakhir adalah Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Buku ini memenangkan Book of The Year di Indonesia International Book Fair 2019.

Buku ini mengajak pembaca untuk mengenal dan praktik stoisisme, filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk mental tangguh masa kini. Dikemas dengan bahasa yang ringan, membuat buku ini mudah dipahami oleh pembaca.

Baca Juga: Begini Cara Melek Finansial Biar Gak Tertipu dengan Crazy Rich Palsu

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya