Comscore Tracker

Begini Cara Belajar Bahasa Prancis dengan Games Le Loup Garou

AF Medan: Akan ada komik Prancis di aplikasi BDNF

Medan, IDN Times – Alliance Française de Medan (AF) Medan dan Institut Français Indonesia (IFI) melakukan permainan Le Loup Garou untuk dapat memberikan kemudahan dalam berbahasa Prancis dengan cara yang seru dan interaktif. Biasanya permainan hits ini dikenal dengan nama Warewolf. Pembelajaran dilakukan dengan metode jarak jauh melalui zoom, hal ini untuk mencegah penularan dan memutus rantai COVID-19.

Yessi Nahampun sebagai Koordinator budaya dan komunikasi Alliance Française (AF) Medan mengatakan bahwa, tujuan diadakan permainan Le Loup Garou, untuk menghibur selama masa karantina dan tetap menghidupkan aktivitas Perpustakaan IFI-AF.

“Biasanya AF dan IFI mengadakan banyak kegiatan kebudayaan salah satunya kegiatan bermain, karena kita lagi physical distancing jadi kita buat games virtual yang bisa diikutin semua orang di Indonesia,” ucapnya.

1. Pilih permainan Le Loup Garou karena simpel dilakukan

Begini Cara Belajar Bahasa Prancis dengan Games Le Loup GarouIlustrasi Aplikasi Zoom (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menurutnya, permainan ini dilakukan, karena permainan Le Loup-Garous sangat sederhana. Tidak menggunakan peralatan,  bisa dimainkan oleh banyak orang, sangat menarik, dan tidak terbatas ruang. Sehingga tetap bisa dimainkan meskipun dari jarak jauh.

Kegiatan AF dan IFI yang biasa dilakukan di perpustakaan AF Medan menjadi tertunda, karena dampak dari pandemik COVID-19. Salah satu permainan tersebut yakni, Boardgames yang biasa dilakukan setiap minggu.

Baca Juga: [BREAKING] Kapal Tanker Terbakar di Belawan, 12 Orang Disebut Terluka

2. Gunakan kosakata dalam bahasa Prancis

Begini Cara Belajar Bahasa Prancis dengan Games Le Loup Garoudesperatehomeschoolers.com

Permainan tetap dilakukan dalam bahasa Indonesia. Namun, hal yang berbeda dan menariknya dalam permainan tersebut yakni, nama karakter dilakukan dalam bahasa Prancis, sehingga tetap memperkenalkan kosakata bahasa Prancis.

“Contohnya dalam bahasa Prancis: villageois, Inggris: villager, loup-garou/werewolf, la voyante/seer, salvateur/body guard, chasseur/hunter,” jelasnya.

3. Puluhan orang ikut serta dalam permainan Le Loup Garou

Begini Cara Belajar Bahasa Prancis dengan Games Le Loup GarouPresiden Prancis, Emmanuel Macron, bersama para staf sedang melakukan diskusi dengan pihak PBB mengenai masalah bantuan memerangi virus corona. facebook.com/EmmanuelMacron

Keseruan dalam permainan ini berdurasi selama dua jam, dimulai sejak pukul 15.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. “Tergantung jumlah pemain, untuk permainan seperti acara ini dengan jumlah peserta 21 orang, maka durasinya kurang lebih 2 jam. Tapi hari ini ada 23 orang,” tambahnya.

Yessi menambahkan, nantinya AF Medan akan mengadakan lokakarya dan acara-acara virtual lainnya yang lebih seru, yaitu membuat komik dengan aplikasi BDNF.

Baca Juga: [BREAKING] Tanker Milik Waruna Terbakar di Pelabuhan Belawan Medan

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya