Resep Ikan Asam Padeh Khas Padang, Sajian Istimewa untuk Keluarga

Kamu wajib mencobanya dirumah!

Bosan gak sih sama menu makan di rumah yang itu-itu aja? Pengin coba sesuatu yang baru dan spesial buat keluarga? Cus lah coba ikan asam padeh khas Padang! Dijamin deh, hidangan ini bakal bikin makan bareng keluarga makin seru dan berkesan. Rasanya yang pedas, asam, gurih, dan kaya rempah-rempah dijamin bikin lidah goyang dan ketagihan.

Yuk, intip resepnya di bawah ini dan siapkan diri kamu untuk merasakan sensasi kelezatan ikan asam padeh khas Padang yang bikin nagih!

1. Bahan membuat Resep Ikan Asam Padeh Khas Padang

Resep Ikan Asam Padeh Khas Padang, Sajian Istimewa untuk Keluargailustrasi ikan tenggiri (freepik.com/topntp26)

Bahan-bahan:

  1. 5 potong ikan tenggiri
  2. 3 buah tahu
  3. 4 sdm cabai merah keriting
  4. 1 1/2 sdm bawang merah
  5. 1 sdm bawang putih
  6. 1 lembar daun kunyit
  7. 1 lembar daun salam
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 1 buah tomat merah
  10. 3 buah asam kandis
  11. 800 ml air
  12. garam secukupnya
  13. 1 sdt jahe
  14. 1 sdt lengkuas
  15. 1 batang serai

2. Cara membuat Resep Ikan Asam Padeh Khas Padang

Resep Ikan Asam Padeh Khas Padang, Sajian Istimewa untuk Keluargailustrasi menumis bumbu (YouTube.com/Rudy dan Sahabat TV)
  1. Haluskan semua bumbu halus, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, jahe, dan lengkuas menggunakan blender. Pastikan bumbu benar-benar halus agar menghasilkan rasa yang maksimal. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daun kunyit, daun salam, daun jeruk, serai yang sudah dimemarkan, dan cabai giling. Aduk rata dan tumis kembali hingga bumbu mengeluarkan aroma yang lebih sedap.
  3. Masukkan air secukupnya ke dalam wajan yang berisi tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga air mendidih. Masukkan tomat merah yang sudah dipotong-potong dan asam kandis. Aduk kembali dan masak hingga tomat layu dan asam kandis sedikit lunak.
  4. Bumbui dengan garam secukupnya. Koreksi rasa kuah asam padeh sesuai selera. Masukkan ikan tenggiri yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. Masak hingga ikan setengah matang.
  5. Masukkan tahu yang sudah dipotong-potong dan aduk merata dengan ikan dan kuah. Masak kembali hingga tahu matang dan bumbu meresap sempurna. Pastikan ikan dan tahu benar-benar matang.
  6. Angkat ikan asam padeh dari kompor dan sajikan selagi hangat.

3. Tips membuat Resep Ikan Asam Padeh Khas Padang

Resep Ikan Asam Padeh Khas Padang, Sajian Istimewa untuk Keluargailustrasi memasak ikan asam padeh (YouTube.com/Rudy dan Sahabat TV)
  1. Gunakan ikan yang segar dan berkualitas agar rasa ikan asam padeh lebih nikmat.
  2. Kamu dapat menyesuaikan jumlah cabai giling sesuai selera pedas.
  3. Jika tidak suka asam, asam kandis bisa dikurangi atau dihilangkan.
  4. Tambahkan irisan bawang merah goreng untuk menambah tekstur dan cita rasa pada hidangan.
  5. Sajikan ikan asam padeh dengan kerupuk untuk pelengkap.

Ikan asam padeh khas Padang bukan hanya lezat, tetapi juga kaya akan rempah-rempah yang bermanfaat bagi kesehatan. Sajian ini cocok dinikmati saat makan siang, makan malam, atau sebagai camilan saat bersantai bersama keluarga. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik dari Ikan Cod, Bisa Berkamuflase!

Rismawati Photo Community Writer Rismawati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya